Breaking News

Siswa Siswi SMA YPKP Kader Pembangunan Berikan Ucapan Selamat Hari Guru Nasional

 

OKU, Tren24jam.com - Tepat di hari ini adalah hari yang paling istimewa bagi seluruh guru-guru yang ada di Indonesia.

Ya apalagi kalau bukan tanggal 25 November 2020 ini adalah peringatan Hari Guru Nasional bagi seluruh guru di tanah air.

Biasanya adalah memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional terdapat upacara serta syukuran dan lain-lain untuk mewujudkan rasa terima kasih.

Namun karena masih dalam masa pandemi maka kemungkinan upacara yang dilakukan sama seperti upacara lainnya dalam situasi terbatas seperti yang di lakukan salah satu sekolah SMA YPKP Kader Pembangunan yang di pimpin langsung oleh kepala sekolah Bapak Tan Sahri.

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Di masa pandemi, guru-guru Indonesia tetap giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Ada yang sudah melakukan pembelajaran daring. Ada guru yang membuat anak-anak menjadi kelompok kecil dan didatangi secara bergiliran. Ada yang masuk ke sekolah dengan menggunakan jadwal bergilir dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Ada yang mendatangi rumah siswa dan berdiskusi dengan orang tua siswa untuk membantu proses belajar mengajar di rumah. Ada yang mencari sinyal di seberang sungai, dan sebagainya.

"Selamat Hari Guru Nasional! Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar.

 Penetapan HGN sendiri berkaitan dengan riwayat berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). (Susi)