Wabah Ternak Babi Sulit Tertangani di Nias, Yosafati Angkat Bicara

Wabah Ternak Babi Sulit Tertangani di Nias, Yosafati Angkat Bicara

Foto: Yosafati Waruwu | Doc. Gori

Nias, Tren24jam,- Yosafati Waruwu, Seorang anggota DPRD Kabupaten Nias dari Partai Nasdem, menyoroti wabah ternak babi di Nias selama 2 (dua) tahun terakhir ini terlihat sulit tertangani oleh pemerintah.

Yosafati Waruwu, saat diwawancarai, Selasa (26/3/2024) menjelaskan, "Saya prihatin melihat ternak Babi milik Masyarakat Kabupaten Nias saat ini terserang penyakit, namun belum ada keterangan dari pemerintah tentang penanggulangannya, kesannya  peternak dibiarkan sendiri," kata Yosafati.

Lanjutnya, "Wabah ternak ini bukan pertama kali terjadi, dalam 2 tahun terakhir, pemerintah melalui dana desa mengalokasikan untuk pengadaan bibit ternak babi, namun tidak diikuti dengan pemberdayaan hingga penanggulangan wabah yang bisa mengancam ternak masyarakat setiap saat.

Dana desa itu  sia-sia saja, sementara  ternak babi adalah bagian dari kegiatan perekonomian Masyarakat Kabupaten Nias, sepertinya mata pencaharian masyarakat sudah hilang, lalu karena tuntutan kebutuhan seperti pesta mesti beli daging dari luar Pulau Nias," imbuhnya. 

Sambungnya lagi, "Ini mesti dikaji lebih jauh, Masyarakat kita sudah tidak bisa mengatakan apa-apa lagi, seolah-olah ini soal nasib, soal beruntung atau tidak beruntung padahal, peternak ini adalah warga kita yang mesti kita lindungi agar pendapatan keluarga bisa berkelanjutan untuk menghidupi keluarganya" tandasnya. 

Dalam wawancara tersebut, Yosafati Waruwu berharap agar pemerintah melakukan penyuluhan  penanganan dan supaya dibahas di forum kepala daerah demi peternakan yang lebih produktif di pulau Nias.

"Saya meminta pemerintah agar melakukan penyuluhan berkelanjutan kepada masyarakat tentang peternakan yang lebih produktif dan berharap pemerintah bisa membicarakan hal ini pada forum kepala daerah di Kepulauan Nias,  karena kita ini satu daratan walau wilayah administratif pemerintahan berbeda-beda," tegas Mantan Ketua Buruh Kota Medan itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias, "Taondrasi Mendrofa" saat dimintai tanggapannya oleh media mengatakan, kalau tentang wabah penyakit ternak ini untuk sementara belum ada vaksin, tetapi kita berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat supaya SOP penanganan kesehatan hewan itu terpelihara." jawab Kadis.


Source: Gori

Red.

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post