Bongkar Rahasia Gunung Tertinggi di Pulau Nias

Bongkar Rahasia Gunung Tertinggi di Pulau Nias

Puncak Gunung Lolomatua | Image by Riyand  

Tren24jam.com, Adakah tempat mendaki di pulau Nias yang dapat memuaskan hasrat seorang pendaki ketinggian atau para penikmat keindahan pesona alam, ya tentunya ada dan salah satunya adalah Puncak Gunung Lolomatua.

Puncak Gunung Lolomatua, dimana masyarakat lokal menyebutnya "Hili Lolomatua" yang secara harafiah dalam bahasa Indonesia adalah "Hili" artinya Puncak/Gunung dan  "Lolomatua" merupakan nama Gunung itu sendiri.

Gunung tersebut dipercaya sebagai gunung tertinggi di pulau Nias dengan ketinggian 800 Mdpl (Meter di atas permukaan laut) dengan pemandangan yang cukup memukau dengan diapit oleh perbukitan yang berbalut hutan rimba belantara Nias Selatan.

Gunung Lolomatua merupakan tipe destinasi yang sangat cocok untuk Hiking, Alam dan Camping.

Puncak Gunung Lolomatua terletak di   Kecamatan Ulunoyo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, yang berjarak sekitar 90 Km dari kota Telukdalam Nias Selatan dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda  empat berkisar 3,5 jam hingga 4 jam perjalan.

Bila ingin berkunjung ke puncak Gunung tertinggi di Pulau Nias ini maka, para traveler siap-siap dengan tambahan waktu dan fisiknya untuk jalan kaki dari desa Marao Kecamatan Lolomatua menuju lokasi sekitar 2.5 km dengan waktu tempuh 60 menit perjalanan karena kondisi jalan yang kurang memadai untuk dilalui kendaraan. 

Lama perjalanan diatas hanya sebatas estimasi, cepat atau bahkan lebih lama dari perkiraan tentunya itu semua bergantung dari situasi dan kondisi alam serta kesiapan fisik dari pada traveler itu sendiri. 

Secara demografi, daerah Lolomatua sudah didiami oleh masyarakat sejak ribuan tahun silam dan hal itu ditandai dengan keberadaan Megalitikum serta kebudayaan lokal yang dilestarikan oleh suku tersebut hingga saat ini.

Setiap puncak gunung selalu menawarkan estetika wisata alam, udara dingin, eksotikanya hutan hijau serta moment sunrise dan sunset dan begitu pula dengan gunung tertinggi di Pulailu Nias ini. 

Tatkala ayam mulai berkokok sinar matahari akan keluar dari peraduan dengan cahaya temaramnya embun pagi yang membuat jiwa penuh damai seakan hidup diatas awan itulah yang kita rasakan ketika berada diatas Gunung ini di pagi hari.

Memang tidak kalah saing, puncak gunung Lolomatua ini layaknya negeri diatas awan, kabut putih akan menyelimuti separuh dari ketinggian gunung dan pemandangan bukit-bukit gunung disekitarnya seakan bagaikan karang ditengah laut. 

Gunung Lolomatua masih sangat awet dan terjaga kelestariannya apa lagi dengan kondiri hutannya yang masih tertutupi oleh pohon yang rimbun memang sangat beda dengan puncak-puncak gunung yang ada di sumatera ini yang hutannya mulai digundulin jadi perkebunan. 

Daerah lereng pegunungan ini tidak pernah kekurangan dengan mata air bersih dan segar seperti sungai Oyo yang sangat cocok menceburkan diri setelah berkeringat mendaki gunung terbesar dipulau nias ini. 

Sebenarnya jika masih ingin mengeksplor tempat destinasi ini maka ada 2 opsi lagi jika kaki masih kuat berjalan menuju ke air terjun Sifadou-dou artinya airnya saling bertabrakan dalam satu titik dan air terjun Solela, air terjun Solela adalah mata air yang bagaikan lidah air yang muncul dari dalam tanah/tebing dan memang lokasi wisata ini tidak jauh dari air terjun Sifadou-dou.

Untuk akomodasi yang ada disana memang sudah lebih berkembang dari tahun ke tahun, serperti tersedianya pondok untuk berteduh dan tempat berfoto.  Untuk rumah makan/resto, penginapan/ hotel belum tersedia disana, namun untuk kebutuhan lainnya seperti konsumsi makanan ringan masih bisa kita dapatkan di warung-warung warga sekitar.

Gunung Lolomatua mengandung banyak makna dan cerita-cerita dari masyarakat sekitar, mulai dari cerita mistis, patung belanda, rumah adat batu hingga talang makan babi yang masih utuh. Untuk hal tersebut, belum mendalami untuk mendapatkan bukti yang otentik terkait hal tersebut dan bisa saja hal itu benar adanya.

Untuk para traveler yang berkesempatan ke Pulau Nias bila anda bosan dengan pantainya maka berliburlah untuk menjejaki Puncak Gunung Lolomatua. 



Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post