“Melengkan” Resmi Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2022

“Melengkan” Resmi Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2022

Bener meriah,tren24jam.com-“Melengkan” budaya Gayo yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Pendidikan sejak setahun yang lalu dan setelah melengkapi persyaratan dan mengikuti proses panjang akhirnya ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, 

Riset dan Teknologi RI pada Sidang Penetapan WBTb yang dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) pada tanggal 27 September hingga 1 Oktober 2021, di Hotel The Alana Malioboro, Yogyakarta. Penetapan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 414/P/2022 Tentang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2022.

Hasil sidang yang diikuti secara Daring oleh Tim Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah yang didampingi Ketua Dewan Kesenian  Munawir Arloti dan Ketua Majelis Adat Gayo Kabupaten Bener Meriah Tgk. M. Kasah,  “Melengkan” berhasil lolos dan ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2022 asal Kabupaten Bener Meriah.

Sebagai tindaklanjut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI menerbitkan secara resmi sertifikat untuk Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang diterima oleh Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si. yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Sukur, S.Pd., M.Pd. didampingi Ketua Dewan Kesenian Bener Meriah Bung Munawir Arloti.

Acara Penyerahan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional di gelar di Hotel Grand Aceh, Jum’at (16/12/2022) 

Diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal, S.STP, M.Si dan merupakan WBTB yang pertama sejak Kabupaten Bener Meriah berdiri dan merupakan hadiah teristimewa pada HUT Ke-19 Kabupaten Bener Meriah, khususnya dalam bidang budaya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Sukur, S.Pd., M.Pd berharap ke depannya akan banyak lagi jenis budaya dan kearifan lokal Bener Meriah yang lolos dan mendapatkan sertifikat WBTb.

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post