Replianto Terpilih Sebagai Ketua DPW IKM Bangka Belitung

Replianto Terpilih Sebagai Ketua DPW IKM Bangka Belitung


Pangkalpinang, Tren24jam.com
- Paguyuban Minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merampungkan musyawarah wilayah (Muswil) pertama untuk pemilihan pengurus definitive.

Pada muswil yang diadakan di Sekretariat IKM Pangkalpinang Jalan Nilam pada Sabtu (27/5/2023) itu, Replianto terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minang (DPW IKM) Bangka Belitung periode tahun 2023 – 2028. Replianto akan diidampinggi Yos Hendri sebagai sekretaris dan Novendra Hidayat sebagai bendahara.

Sedangkan kepengurusan lainnya akan disusun belakangan bersama tim formatur lainnya. Selain Replianto, Yos Hendri dan Novendra Hidayat, Tim Formatur Kepengurusan DKW IKM Babel ini juga terdiri dari Aswandi, Darusman, Lukman Sikumbang dan Pairus.

Dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua DPW IKM Babel, Replianto yang juga tercatat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Babel ini, mengatakan soliditas dan solidaritas adalah dua hal harus dipegang anggota IKM di Babel agar keberadaannya di tanah rantau ini bermanfaat. “Keberadaan kita terasa penting bagi orang di tanah rantau kalau kita solid dan terus bersama untuk memajukan diri sehingga berdampak kepada kemajuan daerah dimana kita berada,” ujarnya.

Di tahun politik sekarang ini, katanya, tugas berat menanti kiprah pengurus IKM DPW Babel. Saat ini, lima warga Pangkalpinang keturunan Minangkabau tercatat sebagai calon legislatif untuk DPRD Provinsi Bangka Belitung satu orang, dan empat  DPRD Kota Pangkalpinang. “Kita bukan menerapkan politik identitas tapi kita harus memperlihatkan identitas kita untuk bersama - sama membangun daerah dimana kita berada,” tegasnya.

Mereka yang tercatat sebagai caleg itu meliputi Rodi Afriniko dari PKS untuk DPRD Provinsi Dapil Pangkalpinang. Sedangkan lebihnya adalah untuk DPRD Pangkalpinang yaitu Yos Hendri M dari PKS Dapil Rangkui, Aswandi dari Partai Golkar dapil Bukit Intan Girimaya, Bram Pranata Dari Parkai Golkar dapil Taman Sari Pangkalbalam, dan Iskandar Wahyudi dari PKS dapil Garunggang.

Sertifikat Rumah Gadang

Sebagai warga rantau asal Sumatera Barat, IKM sukses membangun sebuah rumah gadang, mushalla dan lahan yang telah bersertifikat di Kota Pangkalpinang.  "Alhamdulillah secara bertahap akhirnya bangunan rumah gadang dan lahan yang kita gunakan untuk Muswil telah bersertifikat," kata Pengurus IKM Yos Hendri Sikumbang, Sabtu.

Yos menuturkan, seluruh aset atas nama organisasi akan digunakan sepenuhnya untuk kegiatan organisasi termasuk kegiatan sosial peduli kebencanaan. "IKM sebagai wadah silaturahmi juga aktif bersinergi dengan pemerintah dalam kegiatan sosial. Sewaktu gempa Pasaman dan Ciancur, jajaran IKM kabupaten / kota menyalurkan bantuan uang masing-masing Rp 22 Juta," ujar Yos. (Yz)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post