Breaking News

Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Bener Meriah Semakin Meningkat

Sekda kabupaten Bener meriah Drs. Haili Yoga, M.Si

Bener meriah | tren24jam.com - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah berhasil meningkatkan raihan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Setelah dua kali mendapat bimbingan dari Tim Evaluator KemenpanRB.

Hal tersebut disampaikan Firmansyah, S.ST Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran Kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Rabu (29/01/2020) saat pembukaan pelatihan dan koordinasi penyusunan LAKIP di Aula Setdakab Bener Meriah.

“Setelah kami memberikan bimbingan pada bulan November 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Bener Merih sudah banyak mengalami perubahan dan perbaikan. Dari hasil evaluasi kami per 31 Desember 2019, nilai SAKIP Kabupaten Bener Meriah mengalami lonjakan nilainya sangat tinggi, dan akan diumumkan pada 10 Februari 2020,” kata Firman.

Dia juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan kerja keras serluruh jajaran dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah, karena ucap Firman, kendati mereka sudah datang untuk memberikan bimbingan di Bener Meriah, kalau tidak ada tindak lanjut dari pemerintah setempat, mustahil akan berjalan dengan baik.”ujar Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran KemenpanRB itu.

Sementara itu Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si sebelum membuka kegiatan pelatihan dan koordinasi penyusunan LAKIP dalam arahanya menyampaikan, peningkatan nilai SAKIP tersebut tidak terlepas dari kerja keras, kekompakan, dan sinergitas seluruh perangkat daerah dalam mengimplentasikan SAKIP.

“Terimaksih kepada kita semua, karena kenaikan nilai ini, menunjukkan adanya peningkatan kinerja seluruh perangkat daerah, ini merupakan prestasi kerja dan saya rasa dengan prestasi ini akan memotivasi dan berimbas pada semangat kerja seluruh perangkat daerah semakin tinggi. Inilah hasil dari kerja kita selama ini, kendati lelah, dengan capaian nilai yang kita peroleh rasa lelah itu hilang, ini semua akan berdampak kepada masyarakat, sehinga masyarakat dapat menikmati apa yang kita lakukan,” ujar Haili Yoga.

Lebih jauh dikatakan Sekda (Sekretaris Daerah) Bener Meriah itu, pihaknya akan tetap berupaya mengatur upaya strategis untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kinerja aparaturnya agar bisa mencapai nilai yang lebih tinggi.

“bukan sekedar mengejar tingginya nilai, namun peningkatan nilai dari tahun ke tahun akan membuktikan kinerja instasi pemerintahan dalam menuangkan program dan arah keuangannya sudah akurat. Terpenting, program-program terencana ini harus bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Drs. Haili Yoga, M.Si.

Diahir arahannya, Sekda meminta seluruh peserta untuk serius dalam mengikuti pelatihan dan koordinasi penyusunan LAKIP yang akan berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak 29 hingga 31 Januari 2020.

Reporter: Andika
Editor: Witër