Breaking News

Idap Penyakit Aneh, Warga Desa Lahusa Susua Ini Butuh Uluran Tangan Dermawan.

Nias Selatan, Tren24jam.com - Ayanaso Halawa (65), warga Desa Lahusa Susua, Kecamatan Ulususua, Kabupaten Kabupaten Nias Selatan saat ini hanya bisa terdiam lemah di rumahnya. 

Ia mengidap penyakit aneh yang membuat bagian lehernya seperti terbakar. Bahkan kondisi lehernya kirinya saat ini semakin parah dan membusuk.

Menurut keterangan anak dari Ayanaso Halawa, Alitopan K. Halawa, mengatakan ayahnya tidak pernah mendapatkan perawatan medis.

"Bapak saya belum pernah mendapatkan perawatan medis karna tidak sanggup biaya pengobatannya, puskesmas juga  sekitar  2,5 KM, jarak yang harus ditempuh jalan kaki" Ucap Alitopan dengan muka sedih (11/06/2020)

Lanjutnya, "bapak saya sudah mengalami sakit sekitar satu bulan yang lalu, awalnya gatal-gatal lama kelamaan membengkak jadilah seperti sekarang, saya hanya memberi obat tradisional, seperti rempah-rempah namun sampai saat ini belum ada perubahan". Jelasnya

Pihak keluarga Ayanaso Halawa mengharapkan ulur tangan pemerintah supaya penyakit yang dideritanya lekas sembuh dan sehat seperti biasanya.

Saat awak media konfirmasi terhadap Kepala Puskesmas (KAPUS) Ulususua, Abiyudin Giawa lewat telepon selularnya memgatakan, pihak puskesmas belum menerima laporan dari pihak keluarga.

"Kami dari puskesmas belum menerima laporan dari pihak keluarga ayanaso halawa, dan belum pernah berobat di Puskesmas ulususua, apa bila sudah diberikan datanya oleh pihak kuarganya maka besok bisa langsung dijemput ambulans kita, guna diperikas dan diberi rujukan untuk mendapatkan perawatan medis yang layak". Ujar Abiyudin. (Eddy laia)