Breaking News

Panwascam Amandraya Gelar Tes Wawancara Kepada Calon PTPS Pilkada 2020

 

Nias Selatan, Tren24jam.com  - Kontestan  Demokrasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada )  Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Selatan Tahun 2020  Panwascam Kecamatan Amandraya melaksanakan Tes Wawancara kepada peserta yang mendaftar sebagai Calon PTPS ( Pengawas Tempat Pemungutan Suara), yang dilaksanakan di Sekretariat Panwascam Amandraya, Kamis (15/10/2020).


Ketua Panwascam Amandraya 'Resman Buulolo' mengatakan" pihak kami telah menerima berkas pendaftaran beberapa hari yang lalu pada sesi Gelombang I ( pertama) ada 28 calon peserta  dan jumlah ini tentu masih kurang, karena jumlah TPS Se-Kecamatan Amandraya ada 32 TPS yang terdiri dari 21 Desa se-Kecamatan Amandraya.


Nah,,,melihat jumlah yang masih kurang, kami akan buka gelombang ke-II selama 4 hari yakni mulai tanggal 16 sampai 19 Oktober 2020,kita akan berikan peluang kepada masyarakat dan harusnya peserta pendaftar  minimal 2× jumlah kuota yang kita butuhkan.
Hal ini juga dibenarkan oleh "Adama Laia" anggota Panwascam yang membidangi OSDM(Organisasi dan Sumber Daya Manusia) kepada wartawan Tren24jam.


Bagi para peserta yang lolos seleksi berkas maka kami lanjutkan dengan seleksi wawancara sama seperti yang kita gelar hari ini dimana, calon PTPS terpilih akan kita umumkan pada tanggal 11 November 2020.
pihak kami akan seleksi syarat dan ketentuan terutama ada pengetahuan tentang pemilu dan integritas peserta yang independen, tanpa ada kepentingan politik kepada Paslon.
"merujuk pada Peraturan Bawaslu RI Nomor 19 tahun 2017 yang telah diubah dengan peraturan Bawaslu no 8 tahun 2018,untuk memberikan kesempatan kepada WNI mendaftarkan diri sebagai calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara.

Lanjutnya, PTPS akan kita rekrut satu (1) orang per TPS (Tempat Pemungutan suara ) disetiap Desa, pihak kita akan prioritaskan warga Desa setempat,hal ini karena PTPS tersebut mengenal  pemilih didesanya masing-masing,sehingga meminimalisir kecurangan-kecurangan pada hari "H" nya.
Diketahui bahwa pesta Demokrasi akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 mendatang.
Kita sangat berharap, kontestan  Demokrasi  ini akan kita awasi dengan baik agar  berjalan aman dan kondusif.
Penulis : abdul