Breaking News

Pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional,(HPSN) Di Lapangan Musara Alun


Takengon,Tren24jam.com-Telah dilaksanakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan Tema "Sampah bahan baku ekonomi dimasa Pandemi Covid-19 " terpusat di Kab. Aceh Tengah dan diikuti oleh seluruh Kab/Kota Se-Aceh bertempat di Gedung Olah Seni (GOS) Kp. Blang Kolak II Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah Senin(29/02/2021).

Dalam Pelaksanaan HPSN tahun 2021 yang diselenggarakan di Aceh tengah dengan keputusan ini akan terus digilir di tiap Kab/Kota Se-Aceh, pada tahun 2022 nanti dilaksanakan di aceh timur, Aceh Tengah selaku tuan rumah merasa bangga dapat dilaksanakan di Kab. Aceh Tengah, acara ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Aceh terhadap pemerintah daerah

Kegiatan aksi bersih di lapangan musara alun juga dilakukan oleh jajaran kodim 0106/Ateng pemerintahan daerah, Ormas dan masyarakat guna mengingatkan kembali masyarakat Aceh Tengah agar peduli terhadap sampah dalam kehidupan sehari-hari.

Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T menyampaikan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dicetuskan untuk mengingatkan tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, sebagai tindaklanjut Pemerintah Aceh telah menerbitkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 138 Tahun 2018 tentang Jakstrada Provinsi Aceh.

Tambahnya, Dalam Perpres dan Perqub tersebut, ditekankan perlunya menjalankan sistem pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir dan menetapkan target pengurangan sampah sebesar 30%, dan penanganan sampah 70% di tahun 2025, dengan harapan ditahun 2025 seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh akan bebas dari sampah yang tidak terkelola."unkapnya".

PLH, Kasdim 0106/Ateng Mayor Kav Reduan S. menegaskan kebersihan merupakan suatu keindahan yang perlu dipelihara. Dengan menjaga kebersihan dapat menjadikan lingkungan sekitar kita yang sehat dan bebas dari penyakit. Selain itu kebersihan akan menjadikan lingkungan nyaman dan rapi,

Kita harus berterimakasih tidak hanya kepada dinas lingkungan dan kebersihan, tapi karena kesadaran masyarakat.Mari kita mengajak warga untuk bisa berpola hidup sehat dgn menjaga lingkungannya dgn tidak membuang sampah sembarangan karena di masa pandemi covid-19 pola hidup sehat sangat dibutuhkan disamping mencegah penyebaran virus corona ini saya berharap juga dalam kegiatan ini Masyarakat harus tetap bisa menjalankan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.,"Ungkapnya"

Kegiatan tersebut di hadiri juga oleh Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T, Kapok Sahli Kodam IM, Brigjend TNI Bambang Indrayanto, Wakil DPRA Hendra Budian, SH, Anggota DPRA, Alaidin Abu Abas.,MM, Bupati Aceh Tengah, Drs.Shabela Abu Bakar, Bupati Aceh Timur, Tgk. Hasballah M. Thaib, Plh Kasdim 0106/Aceh Tengah, Mayor Kav Ridwan Sulaiman, Kapolres Aceh Tengah, AKBP Shandy Sinurat, SIK, Para unsur Forkopimda Kab. Aceh Tengah Ketua Komunitas Gayo Peduli Kemanusiaan Kab. Aceh Tengah, Ernawati dan Para tamu undangan.