Tindak Lanjut Instruksi Kapolri, Unit Reskrim Polsek Medan Timur Amankan Pelaku Pungli Dan Premanisme

Tindak Lanjut Instruksi Kapolri, Unit Reskrim Polsek Medan Timur Amankan Pelaku Pungli Dan Premanisme


Medan, Tren24Jam.com
- Tim Unit Reskrim Polsek Medan Timur menggelar Operasi Premanisme dan Pungutan Liar (Pungli) di sejumlah lokasi pada Wilayah Hukum Polsek Medan Timur, Sabtu (12/6/2021).

Operasi tersebut dipimpin Kanit Reskrim Polsek Medan Timur, Iptu Jefri Simamora bersama Kanit Intelkam Iptu Handel Sembiring, Kanit Sabhara, Ipda Iwan Setiawan, bersama sejumlah personil, dan berhasil menjaring 14 Orang sebagai Pelaku Pungutan Liar, dan Premanisme di Wilayah Hukum Polsek Medan Timur.

Kapolsek Medan Timur, Kompol M Arifin mengatakan, operasi yang dilaksanakan tersebut guna menindaklanjuti Instruksi Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, tentang Penindakan Aksi Premanisme, dan Pungli.

“Operasi ini sesuai STR Kapolri Nomor: 463/VI/PAM.3.2/2021, Tanggal 11 Juni 2021, tentang Penindakan Premanisme dan Pungli,” sebutnya.

Dalam operasi itu, Petugas berhasil mengamankan 14 Orang yang melakukan pungli kepada Masyarakat saat berada di lokasi kawasan Tempat Umum.

“Mereka yang kita amankan ini berprofesi sebagai Juru Pakir (Jukir) Liar, Anggota OKP, dengan modus meminta sejumlah uang kepada Masyarakat,” ungkapnya.

Arifin menambahkan, dari 14 Orang yang diamankan turut disita barang bukti, berupa Uang Tunai, sebesar Rp. 154.000, dari hasil pungutan liar tersebut.

“Penyidik masih melakukan pendataan dan pengembangan proses pemeriksaan terhadap 14 Orang yang diamankan tersebut. Apabila ada ditemukan unsur tindak pidananya akan diproses secara hukum. Namun, bila tidak ditemukan, kita akan lakukan pembinaan, dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi kembali perbuatannya, sebagai bukti mereka tidak akan berbuat lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolsek menambahkan, “Kita harapkan dengan dilakukannya Operasi Premanisme dan Pungli ini, Masyarakat kembali mendapat rasa aman, dan nyaman, ketika menjalankan seluruh aktifitasnya,” pungkasnya. (Yz)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post