Tim Gabungan TNI, BKSDA Aceh, CRU dan Warga Giring Gajah Liar Dari Permukiman

Tim Gabungan TNI, BKSDA Aceh, CRU dan Warga Giring Gajah Liar Dari Permukiman

Redelong, tren24jam.com -Personel TNI Kodim 0119/BM bersama Tim Gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, BPBD Bener Meriah, CRU, Camat dan masyarakat menggiring gajah liar (Gali) dari area permukiman warga Desa Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Sabtu 05/02/2022.

Sebelumnya Tim gabungan di bantu dua ekor gajah jinak dari BKSDA Aceh melaksanakan koordinasi yang matang untuk melakukan penyisiran keberadaan dua ekor gajah liar yang berada disekitar perkebunan bahkan  pemukiman membuat resah masyarakat Desa Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Komandan Kodim 0119/BM Letnan Kolonel Inf Eko Wahyu Sugiarto melalui Danramil 04/PRG Kapten Inf Arianto mengatakan, Setelah Tim Gabungan  menemukan keberadaan seekor gajah liar langsung Tim gabungan melumpuhkan dengan cara di bius menggunakan tembakan senapan khusus.

Arianto menambahkan, "dalam keadaan setengah sadar, gajah liar  langsung di giring secara perlahan dibantu dua gajah jinak BKSDA ke pinggir jalan untuk dinaikkan ke truk yang disiapkan untuk evakuasi di Lokasi CRU Dusun Sayeng Desa Negri Antara KM - 40 proses penjinakan (ke daerah yang aman dan jauh dari permukiman warga," ucapnya.

Proses pencarian hingga translokasi (pemindahan tempat) menghabiskan waktu +_ 6 Jam di mulai pukul 09.00 WIB hingga Pukul 14. 00 WIB dan  dinyatakan selesai namun akan dilanjutkan esok hari karena seekor gajah liar belum diketahui keberadaannya dimana Tim Gabungan tetap stand by. Terangnya.

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post