Breaking News

Apa Saja Usaha yang Biasa Anda Kembangkan di Desa?

Kemampuan masyarakat yang dapat dikembangkan tentunya banyak sekali seperti kemampuan untuk berusaha, kemampuan untuk mencari informasi, kemampuan untuk mengelola kegiatan, kemampuan dalam pertanian dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan untuk mengembangkannya.

Salah satu contohnya adalah dengan hadirnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes ini digadang-gadang bisa menjadi penggerak utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Namun selama ini yang terlihat justru pemerintah desa lebih fokus dengan pembangunan fisik, mulai dari jalan desa, talud, dan lain sebagainya. Memang tidak ada salahnya melakukan program seperti ini, tapi pertanyaannya sekarang adalah apakah sudah tepat sasaran?

A. Prinsip Pembangunan Ekonomi Desa

Sudah bukan hal yang baru jika masyarakat pedesaan cenderung lebih terbelakang dari pada masyarakat perkotaan, dalam berbagai hal. Misalnya saja dari segi ekonomi, teknologi, pendidikan, serta politik di desa yang cenderung lebih tertinggal dari pada di wilayah perkotaan.

Kondisi ini juga menjadi penyebab terjadinya aliran tenaga kerja dari desa ke kota yang berlangsung secara masif. Masyarakat desa memang sering dirundung masalah kemiskinan dan keterbelakangan. Ini sebabnya, diperlukan adanya pembangunan ekonomi pedesaan yang bisa mengatasi berbagai permasalah ini.

Adapun tujuan dari diadakannya pembangunan ekonomi desa yakni untuk menciptakan suatu lingkungan yang memungkinkan masyarakatnya dapat menikmati kehidupan yang kreatif, sehat dan juga memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, terdapat prinsip-prinsip pembangunan ekonomi pedesaan, yang meliputi :

Transparansi (Keterbukaan). Harus ada transparansi dalam hal pengelolaan pembangunan, termasuk dalam hal pendanaan, pemilihan kader, pembangunan sistem, pelaksanaan program, dan lain sebagainya.

Partisipasi. Dibutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat desa.

Dapat Dinikmati Masyarakat. Sasaran dari pembangunan ekonomi harus sesuai sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh keseluruhan masyarakat.

Dapat Dipertanggungjawabkan (Akuntabilitas). Proses perencanaan, pelaksaan dan evaluasi yang dilakukan harus bisa dipertanggungjawabkan, dalam arti tidak terjadi penyimpangan.

Berkelanjutan (Sustainable). Program yang dirancang harus dapat berlangsung secara terus menerus atau berkelanjutan, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat desa berlangsung permanan, dan bukan hanya pada satu waktu saja.


B. Pengembangan Usaha Di Desa


Berikut ini beberapa peluang usaha yang baik di desa yang bisa menjadi peluang emas jika Anda kelola dengan serius.

1. Kebun sayur organik

Membidik warga kota sebagai pasar adalah salahsatu peluang yang sangat luas sekarag ini. Strategi ini berangkat dari ide dasar yang sederhana saja yakni memanfaatkan apa yang tidak dimiliki kota.

Luasan lahan di desa adalah senjata ekonomi yang kuat bagi desa. Menanam sayur organik di desa adalah salahsatunya. Saat ini warga kota sudah mulai sadar pentingnya gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat. Sayur organik adalah pilihannya.

2. Beternak Ayam Kampung

Daging ayam kampung selalu menjadi favorit banyak orang sehingga selalu menjadi peluang menguntungkan untuk dijadikan usaha. Tahukah Anda, kebutuhan daging ayam kampung di kota sangat besar dan akan selalu kekurangan karena daging ayam kampung tidak bisa digenjot seperti ayam pedaging.

Warga desa memiliki peluang emas untuk menguasai bisnis ini. Selain lahan yang luas yang memungkinkan ayam kampung bisa berkembang dengan cepat dan lebih baik, juga alam pedesaan memiliki lingkungan yang masih asri sehingga ayam-ayam itu bisa berkembang dengan lebih sehat di desa.

3. Membuka Jasa Menjahit

Usaha dibidang fashion adalah jenis usaha yang tidak ada matinya, termasuk usaha yang berhubungan dengan pakaian. Soalnya, sekarang ini semua orang pingin tampil ciamik di mata orang lain. Berbeda dengan jaman dahulu, pakaian bagi orang-orang di jaman sekarang bukan hanya sekedar lembaran kain penutup tubuh untuk memenuhi etika.

4. Jasa Pembuatan Mebel dan Konstruksi

Peluang usaha rumahan di desa yang kini sangat dibutuhkan adalah jasa pembuatan berbagai perkakas rumah tangga seperti almari, kursi, tempat tidur hingga daun pintu, jendela dan kusen.

5. Beternak Lele

Inilah peluang usaha rumahan di desa selanjutnya. Ada banyak pilihan ketika Anda menjatuhkan pilihan pada jenis usaha ini. Anda bisa beternak khusus pembibitan lele, dan bisa juga di jadikan sebagai bisnis penghasilan tambahan.

6. Jasa Disain dan Cetak-mencetak

Sekarang ini semua orang butuh jasa disain mulai dari spanduk, papan nama toko, salon dan bermaca jenis usaha. Mereka juga butuh jasa ini untuk berbagai even seperti pernikahan dan sebagainya.