Bupati Tgk. H. Sarkawi Hadiri HUT Ikatan Bidan Indonesia Cabang Bener Meriah

Bupati Tgk. H. Sarkawi Hadiri HUT Ikatan Bidan Indonesia Cabang Bener Meriah


Redelong, Aceh | tren24jam.com - Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Bener Meriah ke-68 tahun 2019 di Gor setempat, Selasa (14/01/2020).

Bupati Bener Meriah dalam arahannya menyampaikan, “kalau saya dahulu tugasnya menyelesaikan orang yang sudah selesai dengan kehidupan (mengantar orang keliang lahat), tetapi kalau yang hadir pada hari ini, yaitu ibu-ibu Bidan, mereka ini orang yang menyambut kehidupan manusia ke muka bumi, ditangan mereka ini kehidupan itu bermula," kata Bupati mengawali sambutannya.

Lebih lanjut lagi bupati juga menjelaskan, "setiap orang tentu berhutang budi kepada para Bidan, karena orang yang lahir untuk menyambut kehidupan adalah di tangan para Bidan," ungkapnya.

“Selamat Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia Cabang Bener Meriah ke-68, semoga sukses terus, pengabdiannya jalan terus meskipun kondisinya tidak seindah harapan, karena tantangan di lapangan kadang-kadang luar biasa beratnya, tapi tetap dihadapi dengan senyuman”, kata Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Bupati Tgk. H. Sarkawi berharap tugas seorang Bidan menjadi ladang amal. "semoga segala yang ibu Bidan lakukan bisa menjadi ladang amal, karena sudah menyambut kehidupan manusia yang memulai hidupnya di dunia ini," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga ingin memastikan apakah semua Ranting IBI (ikatan bidan indonesia) di Bener Meriah hadir semua dari 14 Ranting yang ada, ternyata Bidan dari semua Ranting di Bener Meriah hadir semua, dan Bupati langsung memberi apresiasinya.

Kemudian, Tgk H. Sarkawi menyarankan agar seluruh masyarakat Bener Metiah melalukan persalinan di rumah sakit pemerintah atau Klinik terdekat guna mengindari hal yang tidak diinginkan. "untuk Kabupaten Bener Meriah seperti diskusi yang dilakukan dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinkes Bener Meriah, bahwa setiap persalinan di Bener Meriah harus dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah, dan tidak ada lagi yang melakukan persalinan di rumah masyarakat, agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Tgk. H. Sarkawi.

Sementara itu, untuk Rasio angka kematian bersalin di Bener Meriah masih ada 12 orang dan angka ini sudah menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara ibu yang tidak terselamatkan dalam persalinan ada 4 orang, angka-angka ini semuanya harus kita tekan, tegas Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati juga berpesan untuk, "perbanyak minum air putih, supaya tubuh kita tidak kekurangan cairan, apalagi untuk ibu-ibu yang mau melahirkan, minum ini penting, agar sewaktu persalinan tidak mengalami kekurangan cairan," pesan Bupati.

Menyangkut masalah pemerataan tenaga kesehatan, pemerataan Bidan dan Perawat, ini Rasionya harus dijaga, jangan semuanya menumpuk di Simpang Tiga, jangan semuanya menumpuk di Rumah Sakit, jangan semuanya menumpuk di Pante Raya dan Bandar, kalau begitu bagaimana tanggung jawab sosial kita untuk masyarakat yang jauh di perkampungan, ini harus di lakukan pemerataan, ujar Bupati sembari mengarahkan pandang ke Kadis Kesehatan Bener Meriah.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia Cabang Bener Meriah ke-68. “Saya mewakili dari pada ibu-ibu masyarakat Bener Meriah, apalagi untuk Ibu Bidan Halimah yang merupakan Bidan senior dan Bidan pertama di Kecamatan Bandar yang kala itu masih dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah," ungkap Ny. Nikmah Sarkawi.

Ny. Nikmah Sarkawi memberi apresiasi terhadap kinerja Bidan, terutama Bidan Ismaniar yang telah menangani semua persalinannya, “Terkhusus untuk Ibu Bidan Ismaniar, dimana beliau sudah menolong semua persalinan saya dari semua anak yang saya lahirkan adalah adalah lewat tangan beliau, terimakasih ibu Ismaniar," tutup Ny. Nikamah Sarkawi.

Pada acara tersebut turut hadir Kapolres  AKBP Siswoyo Adi Wijaya, S.IK, Dandim 0106/AT-BW yang diwakili oleh Pabung, Asisten II Abdul Muis, SE, MT, Asisten III Drs. Suarman, MM, Danyon RK 114/SM  Mayor Inf. Putra Negara, Ketua TP-PKK Ny. Nikmah Sarkawi,  Ketua Bhayankari, Ketua Persit Kartika, Ketua DWP, Camat Bukit Aswin, SE, Kalapas, Kabag Tapem Khairmansyah, S.SIP, M.Sc, Kabag Adpem Aidi Fitrah, ST, M.Si, Kabag Kesmas Sahlan Suhada Lingga, Lc, M.Thasir, SE dan Kasi Syahrian, S.STP serta tamu undang lainnya.


Penulis: Andika
Editor: Witer

Previous Post Next Post