Breaking News

Ada apa..!! Stempel BPD Desa Olanori Di Gandakan

 

NISEL, Tren24jam.com - Berawal saat Wakil ketua BPD Desa Olanori Kecamatan Sidua ori Kab.Nias Selatan menyerahkan berkas PAPBDes Tahun 2020 kepada Ketua BPD Desa Olanori 'Lasali Baene' untuk ditandatangani  PAPBDes yang disusun oleh Pemdes Desa Olanori.
Ketua BPD "Lasali Baene" saat memeriksa berkas PAPBDes hendak mau menandatangani, ternyata masih ada kekurangan berkas yang tidak dilampirkan dalam PAPBDes tersebut,sehingga Lasali Baene menolak tidak menandatangani dan mengembalikan berkas tersebut melalui wakil ketua BPD " Tehesokhi Baene"  kepada Pemerintah Desa Desa Olanori untuk dilengkapi.ungkapnya kepada beberapa wartawan,(17/9/2020) dikediamannya.


Saat ditanya kekurangan berkas tersebut Ketua BPD Lasali Baene mengatakan 'seharusnya dalam berkas Penetapan PAPBDes dilampirkan Semua SK Aparat Desa Dan BPD,kemudian anggaran untuk Penerima BLT 106 orang terdapat 13 orang yang dialihkan, namun daftar nama yang dialihkan dan penerimanya tidak tertuang.


Hal ini ada kecurigaan Ketua BPD adanya ketidak transparan PEMDES dalam menyalurkan BLT kepada KPM.
Selang beberapa hari  ketua BPD mengetahui PAPBDes tersebut telah di tandatangani oleh Wakil ketua BPD sekaligus membuat stempel BPD yang baru tanpa sepengetahuan dan persetujuan Ketua BPD 'Lasali Baene'.
Ada apa dengan wakil ketua BPD membuat stempel baru, padahal stempel BPD Desa Olanori masih ada ditangan Ketua BPD Lasali Baene.
Tempat yang berbeda , dikonfirmasi hal ini wakil ketua BPD mengatakan pembuatan stempel BPD yang baru untuk dipergunakan dalam berkas PAPBDes ,hal itu keputusan kami anggota BPD bertiga,dan petunjuk dari Kasi PMD Kecamatan Sidua'ori "Yasozisokhi Ndruru,S.Pd',untuk memperlancar berkas didesa Olanori,karena belum ditandatangani oleh ketua BPD.


Kemudian Yasozisokhi Ndruru dikonfirmasi oleh beberapa wartawan diruang kerjanya dikantor camat Sidua ori membantah bahwa dirinya tidak pernah menyuruh wakil ketua untuk mencetak stempel BPD yang baru." Saya hanya mengarahkan agar mencari solusi agar PABDes tersebut ditandangani oleh ketua BPD.
Kades Olanori "Faustinus Ndruru"Saat  diminta untuk menunjukkan daftar nama yang dialihkan dan nama penerima peralihan BLT tersebut,kades Olanori egan menunjukkan,dengan mengatakan berkas itu adalah rahasia berkas Desa.
Dilema stempel ganda BPD yang dicetak oleh wakil ketua BPD Desa Olanori,tersebut dibahas dalam rapat desa yang dihadiri oleh pihak pegawai kantor camat namun yang terjadi adalah meng PAW kan ketua BPD 'Lasali Baene'. Ucap Lasali.


Sikap ini sangat disesali oleh ketua BPD Lasali Baene, pasalnya ada dugaan stempel tersebut digunakan untuk memuluskan pemberkasan anggaran  Dana desa untuk diselewengkan, dan Masalah ini akan di limpahkan ketangan penegak hukum, terkait dugaan menggandakan stempel anggota BPD Desa Olanori.

Abdul