Breaking News

PELAKSANAAN HARI KE 5 PSDD 16 ORANG DINYATAKAN RAPITES POSITIF DARI 125 0RANG YANG DIPERIKSA

Timika Papua,  Tren24jam.com - Pemeriksaan Rapid test antibodi Covid19 pada hari kelima  pelaksanaan PSDD ditemukan 16 Orang yang dinyatakan Rapid test positif dari 125 Orang yang diperiksa, senin(25/05/20).

Tempat yang dilakukan rapid tes oleh petugas Gugus Tugas Covid-19 Kab.mimika ialah, Pos Pemeriksaan Diana Supermarket sebanyak 16 Orang. Positif 1 Orang, Pos Pemeriksaan Kwamki Baru (pertigaan pom lama) ditemukan 1 Orang positif dari 9 orang yang diperiksa, Pos Pemriksaaan Timika mall ditemukan 5 orang positif dari 36 orang yang diperiksa, Pos pemeriksaan puri husada ditemukan 6 orang positif dari 34 orang yang diperiksa. Dan Pos pemeriksaan KPPN ditemukan 3 orag positif dari 30 orang yang diperiksa.

Reynold Ubra menjelaskan kepada wartawan melalui rilis tertulis bahwa, jumlah ini bila dibandingkan dengan hari sebelumnya tanggal 24 Mei 2020 yaitu sebanyak 302 orang maka hanya separuhnya saja hari ini yang melakukan perjalanan. Jika dilihat jumlah orang yang melakukan pemeriksaan terutama di wilayah timika mall dan puri husada memberikan gambaran bahwa di 2 wilayah ini masih banyak penduduk yang melakukan aktivitas jika dibandingkan dengan pos pemeriksaan yang lain. Jelas Reynold kepada wartawan, senin (25/05/20).

Reynold Ubra menyebutkan, PSDD yang dilkaukan hingga hari kelima rata-rata lebih dari 100 orang yang terjaring dalam pemeriksaan, kemudian diantara mereka lebih dari 10% ditemukan positif antibodi maka dapat diduga sekitar 2 orang akan terkonfirmasi PCR positif Covid19. Oleh karena itu kami menghimbau agar masyarakat kota timika dan sekitarnya dapat mematuhi instruksi Bupati no. 4 tahun 2020 secsra khusus tidak melakukan aktivitas di luar rumah setelah pukul 14.00 WIT.

"kami mengharapkan agar masyarakat tetap tinggal di rumah pada pukul 13.00 WIT hendaknya seluruh aktivitas perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar, sudah harus dihentikan sehingga pada waktu pembatasan sosial mulai dilaksanakan warga masyarakat sudah berada di dalam rumah."

Reynold Ubra menyebutkan. Kami melihat masyarakat mengabaikan sosial distancing, tidak menggunakan masker, tidak mencuci tangan pada saat beraktivitas di pagi hingga siang hari. " Hal ini tentunya sangat memberikan peluang kepada penyebaran virus covid19 diantara orang-orang yang berada di satu lokasi terutama di pasar, toko-toko maupun tempat2 umum lainnya".

Ia menambahkan, hampir sebagian besar warga masyarakat mengabaikan protokol kesehatan. Dengan gambaran seperti ini maka tidak lagi dapat melindungi diri bahkan kita dengan mudah membawa virus covid19 pulang ke rumah dan menularkannya ke pendduk berisiko yaitu orang lanjut usia yang berada di rumah.

" Sehingga pada kesempatan yang baik ini kami mengharapkan kerjama sama dari semua pihak dengan menghindari kerumunan massal, menjaga jarak, menggunakan masker yang benar dan tepat, pola hidup bersih dan selalu mencuci tangan sebelum menyentuh bagian wajah". Harap Jubir.


Reynold Ubra menyebutkan, Pada kesempatan ini kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa ada 4 Orang yang dinyatakan positif antibodi di hari keempat pelaksanaan PSDD dan telah diisolasi di shelter. Namun pada siang tadi melarikan diri dari shelter wisma atlet.

Reynold Ubra menyebutkan nama - nama pelaku yang positif dan kabur dari tempat isolasi yaitu, Pertama. Alkian/Etiau Labene (L 33 thn) Alamat : Kwamki Lama jalur 4. Kedua. Rifky (L 21 thn) Alamat : Perintis Ujung, Jl. Pejuang. ketika. Arianus Tsugumol ( L 45 thn ) Alamat : Jl. Komodo RT 12. Kempat. Muh. Bakria Sakri ( L 20 thn ) Alamat : SP3." imbau Jubir.

" Kami mohon kepada masyarakat untuk melakukan pemantauan apabila 4 orang ini adalah anggota keluarga, saudara atau tetangganya masing - masing, agar segera menghubungi kami (Petugas) melalui Call Center, (085346111191)".