Breaking News

6 KASUS BARU COVID-19 DIMIMIKA, DISTRIK KUALA KENCANA BERANJAK ZONA KUNING MENJADI ZONA MERAH

Timika Papua, Tren24jam.com  - Tim Gugus Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 kabupaten Mimika pada hari ini, senin (25/05/20) secara resmi merillis 6 kasus baru Covid-19 di kabupaten Mimika sehingga secara kumulatif berjumla kasus COVID19 di Kab. Mimika per hari ini berjumlah 201 Kasus setelah terdapat penambahan 6 kasus baru yang terkonfirmasi dengan pemeriksaan PCR oleh tim laboratorium RS Tembagapura. dari 6 kasus baru tersebut sebanyak 4 kasus dari RS Tembagapura dan 2 kasus dari RSUD Mimika.

Reynold Ubra menjelaskan. Dari kumulatif 201 kasus jika dilihat menurut sebaran distrik, kasus yang ditemukan di Distrik tembagapura, 125 Kasus. Distrik Mimika Baru, 38 Kasus. Distrik Wania 30 Kasus dan 8 Kasus di Distrik Kuala Kencana. Gambaran ini menunjukkan bahwa kasus di Distrik Kuala Kencana beranjak dari zona kuning menjadi zona merah dengan pola transmisi lokal yang didominasi oleh klaster surabaya yaitu 7 kasus, jelas Reynold kepada wartawan melalui rilis tertulis, senin (25/05/20).

Reynold menambahkan, Jika ditinjau menurut jenis kelamin maka dari 201 kasus 77 % didominasi oleh Laki-laki dan 23 % Perempuan. Selain itu pula bila ditinjau jumlah kasus menurut jenis kelamin yang terdistribusi di 4 Distrik maka Distrik Mimika Baru dan Distrik WAnia jumlah Kasus paling banyak ditemukan pada Perempuan dibandingkan laki - laki. Berbeda dengan Tembagapura dari 125 Kasus lebih banyak didominasi oleh laki - laki dibandingkan Perempuan, sementara di Distrik Kuala Kencana jumlah Laki-laki dan Perempuan sebanding yaitu 4 Laki-laki dan 4 Perempuan.

Lanjut Reynold, Data ini memberikan gambaran bahwa pada Populasi yang lebih didominasi oleh Laki - laki maka kelompok yang rentan terinfeksi Covid19 adalah laki-laki sedangkan pada Populasi dimana jumlah laki-laki hampir berimbang maka baik laki-laki maupun perempuan memiliki resiko yang sama untuk tertular, ungkapnya.

Reynold Ubra menambahkan, Pada tanggal 24 Mei 2020 RS Tembagapura melaporkan 13 pasien Covid19 sembuh sehingga jumlah kumulatif Pasien sembuh di Kab. Mimika sebanyak 79 Orang diantaranya 66 Orang Laki-laki dan 13 Orang Perempuan. Pasien sembuh jika dilihat dari 201 Kasus menurut Distrik maka hampir separuh Pasien di Distrik Tembagapura telah dinyatakan sembuh (62 Orang atau 49 %) sementara untuk Distrik Mimika Baru dari 38 Kasus baru 6 Orang Pasien Covid yang dinyatakan sembuh, sedangkan di Distrik Wania dari 30 Kasus hanya 10 Orang yang dinyatakan sembuh. Kuala Kencana dari 8 Kasus baru 1 Orang yang dinyatakan sembuh, ungkap Reynold.

Lanjut Reynold, Kumulatif Pasien sembuh di Kab. Mimika memberikan kontribusi hampir separuh di Prov Papua yaitu 44 % dari 178 Pasien yang sembuh di Prov Papua, ujarnya.

" Untuk diketahui usia rata-rata Pasien yang sembuh adalah 44 tahun sedangkan usia termuda Pasien yang sembuh adalah 22 tahun (1 Orang) dan usia tertua dari Pasien sembuh adalah 68 tahun (1 Orang) di RS Tembagapura".

Lanjut Reynold, Per tanggal 25 Mei 2020 Pasien yang masih dirawat berjumlah 118 Orang yang dirinci menurut Distrik yaitu Distrik Tembagapura 61 Orang, Distrik Mimika Baru 32 Orang, Distrik Wania 18 Orang dan Distrik Kuala Kencana 7 Orang. Dari 118 Pasien Covid19 yang dirawat di 3 Rumah sakit, jumlah Pasien RSUD Mimika dan RS Tembagapura tidak berbeda jauh , RS Tembagapura 60 Orang, RSUD Mimika 55 Orang sedangkan RSMM 3 Orang, ujarnya.

" Dari 55 Pasien di RSUD Mimika 21 Orang Covid19 dengan gejala ringan menjalani perawatan di Shelter".

Reynold menambahkan. Khusus untuk PDP di hari ini RSMM menemukan 5 PDP baru sehingga total PDP yang dalam pengawasan berjumlah 82 Orang diantaranya 68 Orang sedang dirawat di 2 RS yaitu RS Tembagapura sebanyak 56 Orang, RSMM sebanyak 12 Orang sedangkan 14 Orang PDP melakukan isolasi mandiri. hari ini PDP yang dinyatakan sembuh sebanyak 6 Orang, ungkapnya.

Lanjut Reynold. Untuk ODP terdapat penambahan 90 ODP baru yaitu RSUD Mimika 1 Orang, RSMM 1 Orang, dan 88 ODP yang ditetapkan statusnya dari hasil pelaksanaan PSDD dengan rincian, PSDD hari ketiga ditemukan 35 ODP, PSDD hari ke 4 sebanyak 36 ODP dan PSDD hari ke 5 sebanyak 17 ODP sehingga total ODP meningkat menjadi 522 Orang dimana sebanyak 511 ODP isolasi mandiri sedangkan 11 ODP menjalani isolasi 7 diantaranya di Shelter. 2 ODP sedang dirawat di RSUD Mimika dan 1 ODP di RS Tembagapura, 1 ODP di RSMM. Hari ini ODP yang dinyatakan sehat dan selesai masa pemantauan sebanyak 31 Orang, ungkapnya.

" Untuk OTG, hari ini tidak ditemukan namun hari ini sebanyak 15 OTG dinyatakan sehat dan selesai masa pemantauan. Dengan demikian jumlah OTG hingga malam ini sebanyak 521 dimana 480 Orang melakukan isolasi mandiri di rumah dan 41 Orang sedang menjalani isolasi di shelter (38 Orang, RS Kasih Herlina 3 Orang)". Pada hari ini tidak ada Pasien yang dilaporkan meninggal, ungkap Reynold.