Breaking News

Ini Penjelasan Sekertaris Daerah,Drs Haili Yoga Msi,Saat Hadiri Penyaluran Program Ketahanan



Pondok ulung,atren24jam.com-Bupati Bener Meriah TgK.H.Sarkawi Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Haili Yoga M.Si menghadiri acara Penyerahan Program Ketahanan Pangan untuk wilayah Kecamatan Bandar di kampung Pondok Ulung, Jumat, 14/08/2020.
Sekda Drs.Haili Yoga M.Si menyampaikan bahwa provinsi Aceh baru menginformasikan program Gerakan Aceh Mandiri Pangan (Gampang). Kita di Bener Meriah oleh bupati sudah mulai kita gerakan pada bulan Maret, April. 
Program ketahanan pangan ini sekarang sudah menjadi perioritas, Kapolri sudah memerintahkan kepada seluruh Kapolda, Kapolres, dan Polsek. Desa mana, Kecamatan mana, dan Kabupaten mana yang tidak melaksanakan program ketahanan pangan akan dikenakan sanksi. Ini merupakan perintah dari PBB, wajib setiap kampung untuk memprogramkan program ketahanan pangan.Hal ini diwajibkan setelah kita dahulu sudah melaksanakan program ketahanan pangan,”ujarnya
Disebutkan, Ditempat lain tidak ada diberikan per KK (Kartu Keluarga) program ketahanan pangan, namun Bupati Bener Meriah memberikan kebijakan. Bahwa seluruh masyarakat Bener Meriah wajib menerima setiap per KK itu Rp 500.000, tidak diberikan secara uang, tetapi diberikan bahan-bahan seperti cabai, ikan, pupuk dan lain-lain. Sekarang ini sudah di adopsi oleh Kabupaten lain, ini merupakan inovasi.
Beberapa waktu yang lalu Kapolda, Pangdam hadir ke Bener Meriah, gak pernahnya secara bersama-sama mereka hadir. Inilah karna program ketahanan pangan, nantiknya kita juga akan mempersiapkan dokumen-dokumen/video dan akan kita sampaikan ke kementerian. Dalam acara Launching yang lalu, Kapolda, Pangdam juga secara bersama-sama memanen padi, dan jagung. Bahkan kapolda dan Pangdam sendiri mencoba memakai alat potong padi tersebut,”ungkap Sekda Bener Meriah.

Tadi kami mendengar laporan dari reje kampung, bahwa kampung Pondok Ulung ini banyak yang antusias terhadap program ketahanan pangan ini. Dsini ada juga Penyuluh, tentu mereka lebih berilmu dari kita, silahkan bertanya dengan mereka. Penyuluh Jangan mencari kesalahan dari petani, tetapi berikanlah solusi kepada petani apabila petani tidak mampu,”tegasnya.

Kemudian kami beberapa lalu rapat tentang HUT Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020  nantiknya yang ke-75. Ada peraturan dari pusat, bahwa untuk tingkat kecamatan agar tidak melaksanakan upacara. Maka nantik pada tanggal 17, para Camat hadir ke kabupaten, untuk di desa bisa lihat secarang langsung di televisi (TV),”tambahnya.

Dalam penutupannya Drs.Haili Yoga M.Si Juga mengingatkan agar masyarakat untuk sementara ini tidak berpergian ke tempat-tempat ramai, apalagi ada dari kita yang sudah memiliki penyakit dan yang sudah berumur/tua. Karna pandemi covid-19 sangat cepat dan rentan kepada orang-orang yang sudah memiliki penyakit awal,”tutunya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Wahidi S.Pd. MM, Kadis Pendidikan Sukur S.Pd, M.Pd, Seluruh unsur Forkopincam Bandar, para reje, para pendamping desa, para penyuluh, Bhabinsa, Bhabinkamtibnas, tokoh masyarakat, dan warga setempat.

(Andika)