Breaking News

TP PKK Kabupaten Gelar Gebrak Mukena dan Toilet Bersih Jelang HUT Kota Takengon


Takengon,Tren24jam.com-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Tengah Gelar Gerakan bersama (Gebrak) Mukena Bersih dan Toilet Bersih jelang Hut ke - 444 Kota Takengon, berlangsung di Masjid Baitul Quddus, Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (10/02/2021). 

Gerakan yang dicanangkan oleh TP PKK Aceh Tengah tersebut, dikoordinatori langsung ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna yang didampingi sejumlah Anggota Penggerak PKK Kabupaten, tampak turut dihadiri Camat Kebayakan Nashrin,S,sos beserta Ketua TP PKK Kecamatan Kebayakan, Reje Kampung Mendale, M. Amin beserta Ketua TP PKK Kampung Mendale dan jajaran aparat Kampung setempat, dengan tetap menjalankan Protokol kesehatan di Masa pandemi Covid-19. 

Dalam arahannya mengawali kegiatan tersebut Puan Ratna menyampaikan Gerakan Mukena Bersih dan Toilet Bersih ini dilakukan dalam rangka Hut ke - 444 Kota Takengon dan menindak lanjuti imbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan terutama pada fasilitas ibadah sebagai upaya antisipasi penyebaran virus. 

"Seperti diketahui bahwa Masjid Mendale ini, letaknya cukup strategis, berada di pintu masuk menuju Danau Lut Tawar, Keberadaan masjid ini, bukan hanya dimanfaatkan oleh masyarakat Kampung Mendale saja, tapi juga para pengunjung yang hendak menuju atau pulang dari objek wisata yang ada di seputaran Danau Lut Tawar, tak jarang singgah di masjid ini, Untuk itu Gerakan ini sebagai upaya menjaga kebersihan mukena dan toilet masjid, agar mengunanya merasa nyaman dan puas berkunjung ke daerah kita sebagai daerah kunjungan wisata," kata Puan Ratna. 

Gerakan ini bertujuan untuk menciptakan tempat peribadatan yang bersih dan layak sehingga jamaah merasa nyaman berada di Masjid, lebih lanjut gerakan ini juga akan mensasar masjid - masjid lain di 14 Kecamatan di seluruh Aceh Tengah,

Sementara dalam kesempatan itu usai turun langsung mrmbersihkan Toilet dan tempat wudhuk di Masjid Baitul Quddus Mendale, Ketua TP PKK menyerahkan secara simbolis kepada alat kebersihan diterjen, disinspektan dan pengharum cucian pada Ketua TP PKK Kampung Mendale, yang diamanakan untuk melanjutkan Gerakan menjaga kebersihan mukena dan toilet masjid tersebut. 

Hut Kota Takengon ke - 444 tahun 2021 ini mengambil Tema "Melalui Hut ke - 444 kota Takengon tahun 2021, kita tingkatkan pelayanan prima serta pelestarian adat istiadat dan lingkungan hidup menuju masyarakat Aceh Tengah adil dan sejahtera" lanjutnya. 

Peningkatan Pelayanan Prima ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah Kabupaten semata, namun juga tugas kita semua serta seluruh pihak, harus terlibat dan ambil sikap dalam upaya mewujudkan. 

"Semoga dengan dilakukannya kegiatan Gebrak Mukena dam toilet bersih ini, kebersihan mukena dan toilet di masjid ini dapat terus terjaga, dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan Kami harapkan khususnya pada anggota TP PKK Kampung Mendale agar dapat meneruskan gerakan bersama ini dengan turut melibatkan anggota Dasawisma Kampung Mendale," ujar Istri Bupati Shabela Abubakar ini.

Usai membersihkan toilet dan menyerahkan seperangkat alat kebersihan tersebut, Puan Ratna juga berkesempatan menyerahkan bantuan berupa mukenah sebagi penunjang fasilitas ibadah bagi jamaah wanita pengunjung Masjid Baitul Quddus Mendale.