Breaking News

15 Ton kentang Hasil Ketahanan Pangan Babinsa Dan Masyarakat


Redelong,tren24jam.com-Serda Sumanto Babinsa Pos Bener Kelipah Koramil 05/Permata bersama warga dan aparatur desa memanen kentang varietas Granola 2 di Desa Suku Bener Kecamatan Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah. Selasa 16/11/2021

Komandan Kodim 0119/BM Letnan Kolonel Inf Eko Wahyu Sugiarto mengatakan, Kodim 0119/BM berkomitmen membantu, mendukung dan mensukseskan ketahanan pangan daerah maupun skala Nasional, dengan mendampingi kelompok kelompok tani dan pemuda produktif diwilayah Kabupaten Bener Meriah.

Hal ini sesuai dengan instruksi Komando atas untuk membantu ketahanan pangan yang merupakan  proyek strategis dan prioritas guna menjamin kesediaan bahan pokok atau pangan dimana dengan adanya MOU antara TNI AD dan Kementan meliputi peningkatan kapasitas SDM pertanian, pemanfaatan sarana dan prasarana, pendampingan penerapan inovasi teknologi pertanian, serta bidang kerja sama lain dalam upaya mencapai swasembada pangan di wilayah. tandasnya.

Sementara Komandan Koramil 05/Permata Kapten Inf Ruhdianto menjelaskan, Hasil panen kentang itu mencapai 15 ton dengan 1 ton bibit yang ditanam di atas lahan satu hektar (Ha).


Sebelum masa panen, Babinsa, Pendamping Desa dan Pendamping Penyuluh Lapangan (PPL) kerap mendampingi maupun membina petani dari awal masa penyiapan lahan, penanaman dan perawatan, hingga pasca panen.

Selain mencukupi stok pangan di wilayah, masyarakat juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan dan dapat menanam kembali kentang dari bibit pasca panen. Ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri  Pendamping desa, Mukim, Kepala Desa (Reje),  perangkat desa dan masyarakat setempat.