Breaking News

Babinsa Koramil 06/Jagung Turun Ke Lapangan Bersama Petani Rawat Tanaman Tomat


TAKENGON,tren24jam.com-Babinsa Koramil 06/Jagung Kodim 0106/Ateng Sertu Manto  bersama petani merawat tanaman tomat dan di sepingnya ditanami sawi yang tumbuh subur, Kebun tersebut milik Hamzah (45) dengan luas satu hektar  bertempat di desa jeget ayu, Kec, Jagung Kabupaten, Aceh Tengah, Selasa (16/11/21).

Sertu Manto sebagai babinsa jeget ayu menyampaikan Perawatan batang tomat sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur agar membuahkan hasil yang besar dan banyak, cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabe yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian anjir atau tali (penopang), pemberian pupuk organik, dan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.

Jika tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. pemberian pertisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilihlah pestisida yang organik. pemanenan buah tomat biasanya masa penen tomat adalah 3 bulan dari penanaman, namun hal ini tentunya sangat bervariasi tergantung dari jenis dan kesuburan tanaman." Katanya".

Tambahnya selain menanam tomat di areal tersebut ditanami sawi hijau untuk tambahan ekonomi di masa pandemi ini harapan saya bisa warga desa jeget ayu dan daerah lain bisa mencontoh kebun pak Hamzah ini. "Ungkapnya" .

Petani Hamzah (45) mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan serta sampai panen. bahkan Babinsa jeget ayu sangat mendukung kami sebagai petani yang mandiri.

Babinsa jeget ayu bukan hanya terjun langsung membantu petani di perkebunan, ia juga memberikan saran, setiap menanam agar bisa dua jenis tanaman karena waktu penyemprotan hama maupun pemupukan bisa bersamaan. tapi setelah saya coba Alhamdulilah tanaman tersebut tumbuh subur." Ucapnya".