Breaking News

Dinas Perikanan Aceh Tengah, Manfaatkan Kincir Air untuk Kolam Ikan


Takengon | tren24jam.com - Dalam kunjungan kepala biro FIB menemui kepala dinas perikanan Iwan Erni, S.Pi menanyakan kegunaan kincir air yang di buat di tempat kolam ikan yang berisikan berbagai jenis ikan seperti Ikan mas, Mujahir dan lain-lain, jumat(24/01/2020).

Di samping itu ada mahasiswa yang lagi magang sebanyak 6 orang langsung di dampingi di dinas perikanan dan mereka lagi meneliti cara ikan berkembang biak selama ada kincir air di dinas perikanan ini, dalam kesempatan itu tidak ada kesulitan sama sekali.

"Untuk menaikan air kedalam kolam pembibitan ikan yang ada di dinas perikanan ini, ini salah satu program Bupati Aceh tengah  Shabela Abubakar pada 2019/2020, proyek ini dianggap sudah selesai seratus persen,” ucap kadis perikanan.

Lanjutnya, Dikolam penampungan ini sudah terjual sekali selama ada nya kincir air ini, dan ada pembibitannya yang sudah sering dikerjakan oleh perkelompok.

Dengan petani serta masyarakat yang lain, beliau juga menyebutkan “di lokasi dinas perikanan aceh tengah ini sangat membantu dengan jumlah luas lokasi kolam penampungan ikan lebih kurang dua hektar, program ini maunya berjalan untuk selanjutnya, beliau meminta penambahan untuk kegiatan di dinas perikanan ini di 2019-2020 dan seterusnya, terutama dengan perikanan provinsi Aceh dan Dan dinas Perikanan pusat," katanya.

Kadis Perikanan itu juga berharap kepada masyarakat yang tinggal di daerah lokasi kantor dinas perikanan untuk sama-sama menjaga kincir air yang sudah dibangun oleh bupati aceh tengah.

“kami mengharapkan masyarakat yang tinggal dilokasi kantor dinas perikan ini sama-sama menjaga kincir air yg sudah dibangun oleh bupati aceh tengah, Agar bisa bertahan lama dan dimanfaatkan oleh anak cucu kita dimasa yang akan datang," harapnya.

Dan bisa untuk meningkatkan pariwisata yang ada disekitar kincir air ini serta bisa melihat cara pembibitan ikan sampai cara produksi ikan ini.

Reporter: Andika
Editor: Witër