Breaking News

120 Napi Dan Anak Di Rutan Kelas II B Bener Meriah Mendapatkan Remisi Dari Bupati,


Redelong (BM News), Bupati Bener Meriah Tgk H. Sarkawi seusai mengikuti upacara Bendera Tingkat Kabupaten dihalaman kantor Bupati setempat dan Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020 langsung dari Istana Negara Jakarta secara Virtual diruang Media Centre, Bupati dan seluruh unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus langsung menuju Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Bener Meriah di Kecamatan Wih Pesam, Senin, 17/8/2020.

Kedatangan Bupati dan rombongan ke Rutan Kelas II B Bener Meriah tersebut adalah untuk memberikan Remisi Umum kepada Napi dan anak dalam rangka Peringatan Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia mewakili Menkumham RI yang disambut langsung oleh Karutan Baharuddin, SH dan jajaran.
Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang membacakan  sambutan Menkumham RI menyampaikan, sebagai nikmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa,Kemerdekaan memang perlu kita syukuri, rasa syukur dalam memperingati Hari Kemerdekaan ini tentunya menjadi milik segenap masyarakat Indonesia pada umumnya dan warga binaan pemasyarakat pada khususnya, perwujudan rasa syukur dalam memberikan perlakuan yang manusiawi kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan bentuk kewajiban kita sebagai bangsa yang besar dan beradab, yang sejatinya dapat diukur  dari sejauh mana kita mampu memberikan perlakuan yang baik terhadap warga binaan pemasyarakatan, yaitu perlakuan yang didasarkan pada penghormatan  terhadap hak dan mastabat kemanusiaan, kata Bupati.

Warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga Negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi, salah satu hak yang dimiliki oleh warga binaan  adalah hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (Remisi), karena melalui remisi ini diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya Napi dan Anak dalam keidupan bermasyarakat, ujarnya.

“Kepada seluruh Napi dan Anak yang mendapatkan remisi, khususnya yang langsung bebas pada hari ini, saya mengucapkan selamat sekaligus saya mengingatkan agar saudara terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, jadilah insan yang taat hukum, insan  yang berakhlak mulia dan berbudi luhur serta insane yang berguna bagi pembangunan bangsa,” kata Bupati menyampaikan sambutan Menkumham RI.

Bupati Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan itu juga menambahkan, ada bersama dengan kita disini Pak Kapolres, Pak Kajari dan Ibu Ketua Pengadilan Negeri kiranya pertemuan kita dengan beliau ini hendaknya untuk masa yang akan datang  adalah pertemuan yang penuh dengan kasih sayang, penuh dengan kebahagiaan dan penuh dengan rahmat, jangan hendaknya kita bertemu lagi di meja sidang, ungkap Bupati.
 Sementara Karutan Kelas II B Bener Meriah Baharuddin, SH dalam laporannya menyampaikan, hari ini adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana pada hari ini kita memperingati 75 tahun Indonesia merdeka, kepada warga binaan mendapatkan pengurangan hukuman (Remisi), jadi patutlah kita bersyukur,  ungkap Karutan.

“Kepada warga binaan saya yang saya cintai, dengan keberadaan kita disini kita bisa bermuhasabah, menginstropeksi diri dalam merubah kedepannya lebih baik,” tambahnya.

Lanjut Baharuddin, pemberian remisi ini tidak semua bisa diberikan kepada warga binaan, memang ini adalah hak dari warga binaan tetapi tentu ada keriteria yang telah ditentukan, ada syarat-syaratnya, bagi mereka yang tidak mendapatkan haknya ada beberapa sebab, bisa saja kadang kenak register F karena melakukan pelanggaran didalam dan itu tidak bias kita usulkan, atau yang belum memenuhi persyaratan atau yang belum turun karean kita telah mengusulkan semua sebanyak 200 orang, yang turun 120 orang, 60 orang masih dalam susulan menunggu proses dan mohon bersabar,  10 orang belum memenuhi persyaratan dan 10orang kenak register F, jelas Karutan.
Dalam kesempatan tersbut Karutan juga melaporkan, dimana Rutan kelas II B Bener Meriah ada dua pembinaan, Pembinaan Kemandirian dan kepribadian meliputi keterampilan yang bisa memproduksi, ada yang bersipat  swakelola yang bukan dari anggaran Negara, tutup Karutan Bagaharuddin, SH.

Forkopimda dan Forkopimda Plus yang hadir diantaranya, Dandim 0119/BM Letkol Inf. Valiyan Tatiyunis, Kapolres AKBP Siswoyo Adi Wijaya, S.Ik, Kajari Agus Suroto, SH, MH, Ketua Pengadilan Purwaningsih, SH, Ketua Mahkamah Syar’iah atau yang mewakili, Ketua MPU Tgk. Almuzani, Asisten II Sekda Bener Meriah Abdul Muis, SE. MT, Danyonif RK 114/SM Mayor Putra Negara,  Komandan Subdenpom IM/1-7 Bener Meriah  Lettu CPM Romy, Danki 3 Bromib Batalyon B Pelopor Iptu M.Yhsan Satianul Asba, Ketua TP-PKK Ny. Nikmah Sarkawi, Kabag Humas dan Protkol Wahidi, S.Pd. MM dan undangan lainnya.

(Andika).