Bupati Aceh Tengah Pimpin Upacara Peringatan (Hardikda) Ke-61 Tahun 2020

Bupati Aceh Tengah Pimpin Upacara Peringatan (Hardikda) Ke-61 Tahun 2020


Takengon,Tren24jam.com-Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-61 Tahun 2020 di halaman Kantor Bupati setempat, Rabu (02/09).

Peringatan Hardikda yang mengangkat Tema Pendidikan Aceh Dalam Adaptasi Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi, dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Plt. Sekretaris Daerah, para Asisten, sejumlah Kepala SKPK serta  ratusan guru dan kepala sekolah dalam Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati yang membacakan amanat Plt. Gubernur Aceh menyampaikan Hari Pendidikan Daerah Aceh merupakan salah satu manifestasi dari adanya keistimewaan Aceh dalam bidang pendidikan.

Keberadaan Hardikda ini tidak terlepas dari upaya sungguh - sungguh tokoh pendidikan Aceh dalam memperkuat pembangunan Aceh berbasis SDM yang cerdas, berkualitas dan berintegritas tinggi.

Dia melanjutkan bahwa, dalam upaya mempercepat akses serta memacu peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan, Pemerintah Aceh telah melakukan peningkatkan kapasitas ribuan guru dan tenaga kependidikan dalam berbagai kompetensi. Dengan adanya guru-guru yang kompeten, diharapkan akan mampu melahirkan generasi yang memiliki kreativitas dan kecerdasan yang tinggi.

Selain itu, Pemerintah Aceh juga menjalankan program revitalisasi SMA/ SMK sebagai perwujudan lahirnya Pusat Keunggulan (Center of Excellent). Pada saat yang sama Pemerintah Aceh juga sedang mengembangkan terobosan dan inovasi program untuk tahun-tahun yang akan datang, seperti Pemetaan Minat-Bakat dan Bina Karir peserta didik sejak dini, sehingga setiap peserta didik mampu mengetahui kelemahan, kekuatan serta potensi yang dia miliki. Semua potensi tersebut bisa diarahkan untuk membangun human capital diri mereka masing-masing.

Menuju ke arah tersebut, diperlukan kerjasama yang baik dan terkoordinasi antar instansi di Aceh dan di luar Aceh, baik dengan pihak pemerintah maupun non-pemerintah atau swasta.

Untuk itu lanjutnya, semua pemangku kepentingan bidang pendidikan harus mempersiapkan diri menjalankan kebijakan ini dengan baik.
“Momentum Hardikda Aceh ke-61 ini harus menjadi pemicu semangat untuk menjalankan kebijakan tersebut. Karena itu perlu kerja sama dan kerja nyata semua pihak” kata Shabela

“Melalui Kerja Nyata untuk Pendidikan, diharapkan Aceh akan mampu tampil sebagai role model pendidikan di Indonesia. Kami sadar hal ini tidak mudah kita jalankan dalam suasana iklim New Normal ini, tetapi kita harus selalu optimis” pungkasnya.

Untuk diketahui, peringatan Hardikda ke-61 Tingkat Provinsi Aceh dilaksanakan secara virtual, dikarenakan berada pada zona hitam Covid-19. Sementara itu, di Kabupaten Aceh Tengah pelaksanaan upacara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti pengaturan jarak baris dan penggunaan masker.

(Andika)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post