Breaking News

Sempat Viral, Pembangunan Bronjong Yang Di Kerjakan Bina Marga Propinsi Sumut Di Hentikan Warga

 

Nisel, Tren24jam.com - Pembangunan Turap,Tulap,dan Bronjong yang  dibangun di jalan lintas propinsi diwilayah Desa Lolomoyo Kecamatan Lolowau Nias Selatan yang dikerjakan oleh CV.Gerbong Air Mas dengan pagu dana Rp.2.2 Miliar lebih sempat dihentikan salah  seorang warga setempat dan sempat viral dimedia sosial.
Dalam Vidio tersebut, tampak seorang warga adu mulut dengan pengawas para pekerja dan mengancam para pekerja jika tidak dimatikan mesin genset  yang digunakan  para pekerja untuk membangun boredpile Bronjong tersebut.
Menurut warga tersebut Ia-nya  merasa terganggu karena para pekerja masih bekerja diatas jam 5 sore dan menghidupkan genset.

Beberapa wartawan dan LSM Gempita  saat monitoring lapangan dan mengkonfirmasi kejadian tersebut kepada pengawas PU Bina Marga Propinsi yakni Tongoni Lase,Selasa (15/09/2020), mengatakan sangat kecewa sikap warga tersebut yang mencoba menghentikan para pekerja.
T.Lase mengatakan kejadian ini masih kita tolerir,dan jika ini terulang kembali maka kita akan laporkan kepada penegak hukum,dan tidak ada maaf baginya lagi.!!! karena tindakan ini merupakan salah satu tindakan  menghambat dan menghalangi  proses  pembangunan.
Hal ini juga dibenarkan oleh Pengawas lapangan "Ama Yanti Giawa" dan Warga setempat "Jeko Giawa" mengatakan ini hanya kesalahpahaman saja dan kurangnya miskomunikasi,semoga hal ini tidak terulang lagi.
Diketahui bahwa salah satu syarat sebelum dimulainya pekerjaan pembangunan adalah adanya izin gangguan (hindari ordonanntie) sesuai peraturan Staatsblad 1926 no.226 tentang penerbitan Izin gangguan melibatkan dan adanya persetujuan masyarakat lingkungan,tetangga yang berdekatan dan diketahui oleh RT/RW.
T.Lase mengatakan, kini proses pekerjaan pembangunan tersebut tetap dijalankan  walaupun beberapa hari yang lalu ada kesalahpahaman dengan warga setempat,namun hingga  saat ini pekerjaan berjalan lancar, dimana proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Gerbong Air Mas dengan konsultan CV.Ninta dengan pagu dana Rp.2,2 miliar lebih dengan masa kerja 150 hari kalender kerja.
Dimana akses jalan transportasi ini merupakan jalan penghubung satu-satunya dari puluhan kecamatan dari Kota Gunungsitoli ke kota Telukdalam Nias Selatan.
Kami berharap agar semua elemen dapat bekerjasama demi kelancaran pembangunan sehingga akses transportasi berjalan lancar.harapnya.
Penulis : (Abdul)