9 Fraksi DPRD Sumatera Selatan Sampaikan Pemandangan Umum Terhadap Raperda APBD Tahun Anggaran 2021

9 Fraksi DPRD Sumatera Selatan Sampaikan Pemandangan Umum Terhadap Raperda APBD Tahun Anggaran 2021

 


Palembang,  Tren24jam.com - 9 Fraksi DPRD Provinsi Sumatera Selatan sampaikan Pemandangan Umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah APBD Tahun Anggaran 2021 pada Rapat Paripurna XXII (22) lanjutan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Prov.Sumsel; Bapak H.M. Giri Ramanda N. Kiemas, SE, MM, Gubernur Sumatera Selatan diwakili oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan; Bapak Ir. H. Mawardi Yahya, dikuti Anggota DPRD dan para tamu undangan secara langsung maupun virtual.

Adapun secara rinci pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Prov.Sumsel sebagai berikut:

1. Fraksi Partai Golkar dengan juru bicara H. Hasbi Asadiki, S.Sos., MM. Adapun Masukan, Saran dan usulan Fraksi Golkar terkait Raperda APBD TA 2021:

1. Tetang anggaran penangulangan Covid-19, Fraksi Golkar mendukung untuk sesegera mungkin mensosialisasikan dan menjalankan Perda peningkatan disiplin dan penegakan hukum dalam pencegahan dan pengendalian wabah penyakit menular dan bencana yang baru disahkan.

2. Tentang dana bantuan daerah, diharapkan alokasi dana bantuan daerah agar merata dan berkeadilan di setiap daerah.

3. Terkait dana bantuan di Dinas Sosial, agar diberikan dana bantuan bagi pelaku usaha rumah tangga di setiap daerah Kab/Kota terdampak pandemi.

4. Bidang pendidikan, agar guru honor diberikan honorium.

5. Tentang pembangunan infrastruktur:

A. Pemabangunan Komplek perkantoran pemerintah Sumatera Selatan di kawasan keramasan, menelan biaya yang sangat besar, beberapa hal yang menjadi catatan, 1. Terkait lokasi dari sisi rencana tata Ruang, 2. Analisis dampak lingkungan, 3. Akses transportasi Apakah terintegrasi dengan LRT.

B. Pembangunan jalan Provinsi dalam wilayah Sumsel untuk mendahulukan penyelesaian jalan-jalan yang menjadi kewajiban Pemprov. Sumsel.

Diakhir pemandangan umum, Fraksi Partai Golkar menyarankan/menghimbau agar Pemprov Sumsel berkoordinasi dengan daerah Kab/Kota yang menyelenggarakan Pilkada agar berjalan, tertib, aman dan mematuhi protokol kesehatan.

2. Fraksi Partai PDI-Perjuangan, dengan juru bicara Bapak Ir. H. Zulfikri Kadir

Pemandangan umum Fraksi PDIP diataranya menyampaikan apresiasi terhadap Gubernur, memandang bahwa Raperda APBD Prov.Sumsel sebagai dinamikan yang dijaring baik melalui proses musrembang, Reses DPRD, adanya sinergi eksekutif dan legislatif dalam menyusun skenario pembangunan, serta mengharapkan ada alat ukur yang jelas terhadap konteks mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

3. Fraksi Partai Gerindra, dengan Juru Bicara Bapak Prima Salam,SH

Dalam Pemandangan umum Fraksi Partai Gerindra menyoroti upaya peningkatan PAD dan retribusi daerah perihal pengembangan teknologi informasi/inovasi, pemulihan dampak lingkungan/reklamasi yang disebabkan oleh pengelolaan SDA, menyarankan agar dalam pembahasan RAPBD 2021 OPD dapat menjelaskan efektifitas pelaksanaan tugas secara transparan, mempertanyakan langkah strategis yang telah disiapkan Pemprov menurunkan angka kemiskinan dan lain-lain, mempertanyakan langkah cepat yang dapat diambil dalam rangka untuk pemulihan ekonomi, serta hal lain terkait peningkatan daya saing dunia pendidikan yang dilakukan secara webinar, meminta penjelasan penyertaan modal kepada beberapa BUMD.

Diakhir Pemandangan umum Fraksi Gerindra Dapat menerima dan meneruskan pembahasannya kepada komisi terkait.

4. Fraksi Partai Demokrat, disampaikan oleh Ibu Ir. Holda, M.Si

Dalam pemandangan Umum Fraksi PAN Meminta pejelasan Langkah yang ditempuh dalam mengoptimalkan penerimaan retribusi daerah, serta hal lain terkait arah kebijakan optimalisasi PAD, terkait bidang pendidikan seperti persoalan insentif guru honor, sarana prasarana dan jalan menuju sekolah, serta pembangunan SMA/SMK serta hal lain terkait bidang kesehatan terkait pemaksimalan rumah sakit dan lain-lain.

5. Fraksi PKB, disampaikan oleh Ibu Dra. Hj. Nilawati

Dalam pemandangan Umum Fraksi PKB menyarankan dalam penyusunan APBD TA 2021 harus sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrasruktur "pungkas nya ke media www.tren 24jam.com.  (SAmsyuri)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post