Breaking News

Bupati Bener Meriah, Hadiri Peresmian Masjid Jami Nurul Hasanah Kota Palu Sulawesi Tengah


Palu,Tren24jam.com-Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghadiri peresmian Masjid Jami Nurul Hasanah di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu yang merupakan bantuan dari masyarakat Provinsi Aceh, peresmian tersebut dilakukan oleh Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT, sekira pukul 09.00 Wita, Minggu, 22/11/2020.

“Dengan mengucapkan Bismilllahirrahmanirrahim, Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh - Palu dengan ini kami nyatakan diresmikan. Semoga dengan izin Allah dan dukungan segenap pihak, masjid ini dapat di gunakan dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan umat menuju kehidupan yang diridhai Allah, baik di dunia maupun di akhirat. Amiin Yaa Rabbal ‘Alamin,” Nova pada saat peresmian Masjid tersebut.Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah. 

Pembukaan tersebut menyampaikan, saya merasa senang, baru kali ini kunjungan kerja keluar Aceh begitu banyak yang ikut, ada pimpinan DPRD Aceh, politisi, manager bank dan para Bupati, sebanyak 9 (Sembilan) Bupati," kata Nova Iriansyah dalam kesempatan itu juga memperkenalkan satu per satu para Bupati yang ikut dalam rombongan itu termasuk Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi.

Lebih lanjut Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah,MT mengatakan, bahwa masjid tersebut berhasil dibangun berkat sumbangan dana seluruh pihak di Aceh sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Palu. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT juga menyampaikan rasa belasungkawa kepada masyarakat Palu yang menjadi korban gempa dan tsunami dua tahun lalu. Ia mengatakan masyarakat Aceh sangat bisa memahami kesedihan yang dirasakan masyarakat Palu lantaran Aceh juga pernah mengalami hal yang sama.

Gubernur Aceh dalam kesempatan itu juga mengucapkan rasa terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan menyumbangkan pikiran, tenaga, serta bantuannya untuk merenovasi masjid tersebut Jami Nurhasanah Kota Palu tersebut.

Sementara Plt. Walikota Sigit Purnomo dalam sambutannya juga menyampaikan, sangat mengapresiasi dan ucapkan kata terimakasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Aceh atas bantuan yang telah kami terima. 

“Kami tidak menyangka bahwa bantuan itu datang dari Provinsi yang berada di posisi paling ujung barat Indonesia yang sangat jauh dari Kota kami , sekali lagi kami Atas nama seluruh masyarakat kota Palu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh, Kepada Bapak Gubernur Aceh dan Seluruh Bupati yang telah hadir di kota palu,” ungkap Sigit Purnomo.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi disela-sela persemian Masjid Jami Nurul Nurhasanah Kota Palu itu kepada Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah menyampaikan , pembangunan masjid ini, bisa menjadi pusat kegiatan peribadatan umat islam dan tempat bagi warga dalam ikut serta membangun bangsa. Saat ini generasi penerus kita bukan hanya membutuhkan pelajaran dari sekolah, melainkan juga pelajaran agama yang bisa dilakukan melalui Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) dan Madrasah Finiyah (Madin) dan semua itu bisa dilakukan salah satunyna di Masjid Jami Nurhasanah ini, ungkap Bupatu dari Palu.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita menyaksikan secara bersama-sama peresmian Masjid Jami Nurul Hasanah Kota Palu Oleh Bapak Gubernur Aceh, tentunya kita berharap Masjid ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kota palu Khususnya warga Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga sebagai tempat Iabadah umat,” harap Bupati Bener Meriah.

Sambung Bupati, kita harapkan kedepan Masjid Jami Nurul Hasanah ini bisa berkembang dengan adanya TPA,TPQ dan Madin di Kota Palu ini, dengan demikian berarti warga telah turut ambil bagian dalam pembangunan negeri kita tercinta ini melalui pendidikan keagamaan bagi anak-anaknya. 

“Harapan kita setelah diresmikannya Masjid ini oleh Gubernur Aceh, agar dapat bermanfaat bagi Masyarakat Kota Palu dan dapat Memakmurkan Masjid dengan meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT, " harap Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Terakhir pinta Bupati Tgk. H. Sarkawi, kita semua selaku umat beragama Islam, harus senantiasa memakmurkan Masjid, jangan hanya dibangun megah tapi sepi dari kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial lainnya, pungkas Bupati.

Seperti diketahui bahwa Peletakan batu pertama Masjid berukuran 20×20 itu, dilakukan langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada 13 Februari 2019 yang lalu, yang dibangun atau dirancang dengan perpaduan arsitektur rumah adat Tambi dan Aceh.

Masjid Jami’ Nurul Hasanah di Kota Palu merupakan masjid kedua yang dibangun oleh pemerintah dan masyarakat Aceh di lokasi bencana setelah yang pertama, yaitu Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peresmian masjid itu telah lama dinanti masyarakat Kota Palu setelah masjid milik Desa Pengawu rusak total akibat gempa dan tsunami yang menerjang kawasan itu pada 28 September 2018 lalu.

Dalam persmian Masjid di Kato Palu tersebut Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT turut di dampingi Ketua TP-PKK Provinsi Aceh DR. Ir. Dyah Erti Idawati, MT, Wakil Ketua DPRA beserta Anggota , Bupati Bener Meriah Abuya Tgk. H Sarkawi dan 8 Bupati lainnya dantaranya Bupati Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Jaya, Bireuen, Aceh Tamiang, Nagan Raya, Aceh Tenggara. 



(Andika).