Breaking News

Anggota Kodim 1624/Flotim Bersama Koramil 1624-03/Lewoleba Dan Polres Lembata Pulangkan Pengungsi Ile Lewotolok


Lembata, Tren24jam.com - Dibawah Pengawalan Koramil 1624-03/Lewoleba dan Polres Lembata melakukan pemulangan warga pengungsi ile Lewotolok di 15 desa dari dua Kecamatan, Kabupaten Lembata. 

 Sebelum memulai kegiatan ini di awali dengan apel pengecekan terhadap barisan tim evakuasi yang dipimpin oleh kalak BPBD Kabupaten Lembata. 

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Danramil 1624-03/Lewoleba, Mayor Chb Ikhsan, Kasat Sabhara Polres Lembata, Leonardus Ola Angin, Kadis Kesehatan, dr. Lucia Gunadi Anggrijatno, Kadis Kominfo, Markus Labi, ka Bapelitbangda Kabupaten Lembata, Said Kopong, SE, MSi, Kaban Kesbangpol Kabupaten Lembata, Anselmus Ola Bahy AP, MSi, Kabid Logistik dan kedaruratan BPBD Kabupaten Lembata, saudara Andris Koban. 

Personil pemulangan terdiri dari Koramil 1624-03/Lembata ada 30 personil, Polres Lembata ada 42 personil, staf BPBD kabupaten Lembata ada 8 personil, serta Tim Relawan ada 42 personil.

Warga pengungsi yang di pulangkan hari ini seluruhnya berjumlah 6.974 jiwa yang menyebar di 15 Desa yang antara lain : Desa Lamatokan, Desa Baolaliduli, Desa Lama Wolo, Desa Lamau, Desa Todanara,Desa Waowala, Desa Waimatan, Desa Lamagute dan Desa Wato Diri yang terdapat di Kecamatan lleape Timur. 

Berikut Desa-desa di Kecamatan Ile Ape adalah : Desa Tanjung Batu, Desa Aulesa, Desa Napasabok, Desa Bunga Muda, Desa Lama Wara, Desa Amakaka. 

Proses Pemulangan ini dengan menggunakan 16 unit Damtruck dan 5 unit kendaraan light truck. Bahwa berdasarkan Rekomendasi BVMBG Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape Timur Belum diijinkan pulang karena termasuk dalam kawasan radius 4km dari puncak Ile Lewo Tolok. (Bernard)