Breaking News

Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Kembali Sampaikan Komitmen Sukseskan Pendataan Keluarga 2021


Takengon,Tren24jam.com-Dalam program Dialog Pagi yang digelar Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Takengon, Ketua TP-PKK Aceh Tengah, Puan Ratna bersama Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Aceh Tengah Drs. H. Alam Syuhada, MM sampaikan siap dukung program Pendataan Penduduk 2021, Selasa (23/02/2021). 

Obrolan santai yang dipandu rekan siar Sri Rahayu ini mengangkat tema "Melihat Prospek Keluarga di Kabupaten Aceh Tengah, melalui program Pendataan Keluarga (PK) 2021" Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Aceh Tengah, kembali tegaskan siap berkomitmen untuk mensukseskan program BKKBN RI Pendataan keluarga tahun 2021.

Kadis KBP3A Aceh Tengah dalam kesempatan itu menjelaskan, Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN RI untuk mendapatkan data valid keluarga seluruh Indonesia. 

Pendataan Keluarga oleh pihak BKKBN ini hendaknya bersinergi dengan pendataan yang dilakukan oleh pihak Dasawisma PKK yang telah berjalan selama ini. 

Berbeda dengan pendataan pada tahun-tahun sebelumnya pendataan keluarga pada tahun 2021 ini mengikutsertakan juga data Indeks Pengukuran Kualitas Keluarga (IBANGGA). 

Diantaranya melalui 3 kriteria pendataan utama yaitu : Indeks Ketentraman, Indeks Kemandirian dan Indeks Kebahagian keluarga. 

“Untuk keberhasilan dan validnya Pendataan Penduduk pada tahun 2021 ini dibutuhkan dukungan kuat dari berbagai elemen, terutama dari TP-PKK baik ditingkat Kabupaten, Kampung hingga ke tingkatan Dasawisma Kampung” terang Alam Syuhada. 

Senada, Ketua TP-PKK Aceh Tengah dalam dialog tersebut kembali menegaskan.

"Seluruh kader TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai Kampung dan Dasawisma siap berkomitmen menyukseskan Pendataan Keluarga 2021, yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia tersebut yang dimulai pada 1 April 2021 mendatang hingga sampai 31 Mei 2021 ini" jelasnya.

"Lebih lanjut, diharapkan dengan adanya pendataan yang akurat dan dengan dukungan dari kader PKK yang tersebar hingga ke Dasawisma itu, maka akan diperoleh data yang jelas dan benar, agar nantinya dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan dalam berjalannya Pembangunan ke depannya, terang Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna yang hadir didampingi Sekretaris PKK Ummu Hanik, mengakhiri program Dialog Pagi RRI.



Andika