Breaking News

Pemkab Pati Gelar Sosialisasi & Pengarahan Panitia Pilkades 2021


Pati, Tren24jam.com - Jelang kontestasi Pemilihan Kepala Desa yang akan berlangsung serentak pada bulan April Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Pati gelar sosialisasi dan pengarahan kepada panitia Pilkades. 

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati tersebut, setidaknya diikuti kurang lebih 90 orang panitia Pilkades dari wilayah kawedanan Juwana sebanyak 31 Desa dan kawedanan Jakenan 49 Desa(Selasa, 16-02-2021) 

Dalam sambutanya, Bupati Pati, Haryanto, mengukapkan, panitia harus berpegang teguh kepada aturan dan tata tertib tentang pelaksanaan Pilkades. Dan jika terjadi kesalahan administratif segera melakukan koordinasi, 
"Secara teknis dan aturan sudah di jelaskan Kabag Tapem (Tata Pemerintahan), dan saya tekankan agar dapat dipahami dan dijalankan sesuai prosedur," jelasnya.
Ditengah terjangan wabah Covid 19 yang sampai detik ini belum dapat dikendalikan, dirinya menghimbau kepada pihak panitia agar dapat mengendalikan kerumunan masa dan menerapkan protokol kesehatan supaya tidak timbul klaster baru.
"UU masih sama dan Perdanya kita revisi, perbub kita benahi dan pilkades bedanya yang sekarang karana  adanya wabah Covid 19 kita harus mematuhi protokol kesehatan jangan sampai nanti ada timbul klaster baru, " imbuhnya, 
Lanjutnya, anggaran APBD yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten Pati untuk pelaksanaan pilkades dihitung dengan jumlah pemilih.
"Bantuan biaya kita hitung dengan jumlah pemilih, kalau belum cukup bisa menambah dari PAD atau bisa dana pihak ke 3 yang terpenting pelaksanaan pilkades bisa berjalan lancar dan sesuai dengan tahapan tahapan," tandasnya.

Diinformasikan, berikut jadwal sosialisasi dan pengarahan Panitia Pilkades Tahun 2021 yang digelar Pemerintah Kabupaten Pati.

Hari Selasa tanggal 16 Februari 2021 dari Desa eks Kawedanan Juwana sebanyak 31 Desa dan Eks Kawedanan Jekenan sebanyak 49 Desa. Kemudian hari Kamis tanggal 18 Februari 2021 dari Desa eks Kawedanan Pati jumlah 44 Desa dan Eks Kawedanan Tayu 44 Desa. Dan hari Jum'at tanggal 19 Februari 2021 Dari Desa Eks Kawedanan Kayen berjumlah 51 Desa.  (PJ)