Bupati Lantik 56 Kepala Sekolah

Bupati Lantik 56 Kepala Sekolah


Takengon,Tren24jam.com-Sebanyak 16 orang Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), 56 orang Kepala Sekolah Dasar (SD), dan 15 orang Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, resmi dilantik dan diangkat sumpahnya oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, Senin (31/05).

Pengukuhan kepala sekolah yang dilakukan berdasarkan SK Bupati Aceh Tengah nomor 821/120/BKPSDM tanggal 29 Mei 2021 itu, berlangsung di Gedung Pertemuan Guru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah, di Pegasing.

Dalam kesempatan ini, Bupati Shabela Abubakar menyampaikan bahwa proses penugasan dan alih tugas (mutasi) yang dilakukan pada hari itu sudah didasari pertimbangan yang memperhatikan semua kepentingan, terlebih yang terutama sekali penyesuaian dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.


“Dimana dalam pasal 12 Permendikbud tersebut menyebutkan masa tugas kepala sekolah adalah 4 (empat) tahun dan dapat diperpanjang satu kali masa periode lagi jika menunjukan prestasi kerja,” sebut Shabela.

Dikatakannya, selaku pimpinan daerah, pihaknya berkewajiban untuk melakukan suatu pembinaan dan langkah-langkah yang bertujuan untuk mengakselerasi proses belajar mengajar ditingkat sekolah agar menjadi lebih produktif. 

“Jadi dengan adanya mutasi jabatan kepala sekolah ini harus ada tren perubahan positif terkait kualitas pendidikan, dan dapat terus bekerja seoptimal mungkin dalam memajukan pendidikan disekolah masing-masing,” ujar Shabela.

Lain itu, Bupati Shabela juga mengingatkan bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah, setidaknya ada lima elemen yang sangat berperan, diantaranya mulai dari kepala sekolah, para guru, wali murid, masyarakat dan peserta didik.

Kelima elemen tersebut, terutama kepala sekolah dituntut jeli untuk melihat peluang, dan lebih kreatif dalam berinovasi untuk memajukan sekolah masing-masing, disamping juga harus memahami secara menyeluruh seluk beluk proses belajar mengajar untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas.

“Karena itu sebagai pembina dan pengarah pada lembaga pendidikan, kami mengharapkan kepala sekolah dapat konsen dalam menempatkan diri guna menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diemban,” lanjut Shabela.

Sebelum menutup sambutannya, Shabela juga menitipkan pesan agar para kepala sekolah yang baru dilantik dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dan warga sekolah.

Dia juga menekankan bahwa jabatan sebagai kepala sekolah yang diemban, merupakan amanah masyarakat yang dititipkan kepadanya untuk pengembangan dunia pendidikan dan perbaikan kualitas anak didik ke arah yang lebih baik.

Pada pelantikan itu turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP., M.Si, Kepala BKPSDM, Jamaluddin, SE., MM, Kepala Dinas Dikbud, Drs. Uswatuddin, beserta jajaran struktural Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah.

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post