Breaking News

Sejumlah Wartawan Medan Dari Berbagai Media Lakukan Aksi Damai, Tuntut Tangkap Pelaku Pembunuhan Mara Salem Harahap


Medan, Tren24Jam.com
 - Dalam rangka mendukung Poldasu untuk mengungkap dan menangkap pelaku pembunuhan Mara Salem Harahap, wartawan media online Pematang Siantar yang terjadi beberapa hari lalu. Maka pada hari ini Forum Wartawan Berintelektual Indonesia (FWBI) dan komunitas wartawan medan melakukan aksi damai di bundaran SIB Jalan Gatot Subroto Medan.

Aksi damai itu dimulai dari penandatangan pernyataan Komunitas Pers Medan, untuk mendukung Poldasu guna mengungkap dan menangkap pelaku pembunuhan Mara Salem Harahap. Rabu (23/6/2021) 

Aksi tersebut berlanjut dengan peneriakan yel yel "save Pers" dengan melakukan pembentangan surat penandatangan pernyataan bersama dan karton karton yang bertuliskan beberapa pernyataan pers terhadap kekerasan terhadap wartawan dalam sebulan terakir ini.

Didalam statemenya Alex Sander Simatupang selaku koordimator aksi yang sekaligus Ketua Umum DPP-FWB Indonesia, kepada awak media mengatakan " kami FWBI beserta para komunitas pers Medan, mendukung Polda Sumatera Utara untuk mengungkap dan menangkap pelaku penambakan terhadap Marsal Harahap, yang terjadi beberapa hari lalu." ucapnya. 

Sementara itu Irmanda Ketua KNPI Medan Timur yang ikut aksi dan bergabung dalam wadah FWBI, mengorasikan "kami Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)   sangat menyesalkan atas kejadian kekerasan terhadap insan pers apalagi hingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Kami memberikan doa dan semangat bagi keluarga yang di tinggalkan serta mengharapkan Polda Sumatera Utara lekas menemukan dan menghukum pelaku seberat beratnya." orasinya.

Pada kesempatan terakhir Isron Sinaga Ketua Forum Wartawan Bersih Narkoba (Bersinar)  meneriakan " kami insan pers bukan penjahat, kami berada di empat pilar demokrasi indonesia dalam pembangunan, maka jangan zolimi kami, jangan jauhi kami dan jangan lakukan kekerasan terhadap kami karena kami bukan musuh masyarakat, musuh aparat dan musuh para pejabat, kami adalah mitra informasi pembangunan,"punkasnya.

Aksi damai yang dimulai dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB berjalan dengan tertib dan aman terkendali. Dari awal hingga akhir aksi damai itu di kawal oleh aparat kepolisisan dan TNI setempat dan terlihat pelaksanaan pengamanan nya berjalan ramah dan bersahabat dengan para komunitas pers. (Yz)