Breaking News

Kabupaten Bener Meriah Kembali Raih Predikat B Hasil Eavaluasi SAKIP RB AWARD 2020


Redelong,tren24jam.com-Wakil Bupati Bener Meriah Dailami mengikuti dan menyaksikan Acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia (SAKIP RB AWARD 2020) oleh Kemenpan RB RI secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting langsung dari Media Centre Kabupaten Bener Meriah, Kamis, 22/4/2021. 

Menpan RB Republik Indonesia Tjahyo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan, saya kira penyerahan hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang disebut dengan SAKIP RB AWARD 2020, dan saya masih mengalami ini pada tahun 2019 dan langsung Bapak Wapres yang menyampaikan juga gedung ini, dan sekarang ini walaupun ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini harus tetap rutin kita laksanakan, kata Menpan RB.

Kata Menpan, untuk mencapai dalam mendukung skala prioritas yang dicanangkan oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden yang salah satunya adalah Reformasi Birokrasi dan jangan dilihat dari penyederhanaan birokrasi, dengan menampilak cuplikan arahan Presiden RI terkait dengan visi misi terutama tentang Reformasi Birokrasi.

Adapun inti dari pada poin-poin RB sebagai salah satu visi-misi Presiden, janji presiden terpilih itu menjadi program jangka pendek, menengah dan jangka panjang, maka Reformasi Birokrasi itu dilakukan sebagai upaya untuk membuat Birokrasi itu lebih cepat dalam proses pelayanan dan pengambilan keputusan, jelas Tjahyo Kumolo.

Lebih lanjut Menpan RB menerangkan, “Saya kira untuk mendorong kinerja Instansi pemerintah, Kemenpan RB setiap tahunnya melaksanakan Eavaluasi dan inflemetasi RB dan SAKIP pada seluruh Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah untuk memetakan progres RB dan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan Anggaran yang ada.

“Dalam kesempatan ini saya atas nama pemeintah menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi, Kabupatan dan Kota seluruh Indonesia untuk yang mendapatkan predikat SAKIP RB baik itu B, BB, A, AA, karena telah sungguh-sungguh malakukan berbagai upaya dalam perbaikan shingga tercipta Birokrsasi yang kapabel dan berdaya saing dan mampu menjalankan semua program pemerintah secara efektif dan efisien,” ungkap Tjahyo Kumolo.

“Program skala prioritas pusat harus seiring sejalan dengan program daerah baik provinsi, kabupaten ,maupun kota sampai ketingkat kecamatan dan desa,” tegas Menpan RB.

Sementara Plt. Deputi Kemenpan RB Agus Fuji Antara dalam laporannya menyampaikan, bahwa hasil evaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB tahun 2020 disampaikan secara bersamaan dengan pertimbangan untuk efisiensi dan efektivitas karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir maka kegiatan ini dilakukan secara daring dan tatap muka secara terbatas, ungkapnya Agus.

Adapu yang kami undang adalah perwakilan dari setiap Kabupaten, Kota yang hasil Eavluasi SAKIP dan RB yang memperoleh nilai terbaik dari instansi yang bersangkutan sedangkan untuk pemerintah Provinsi semuanya dilakukan secara daring. ujarnya.

Untuk RB Predikat AA untuk Level Provinsi dan Kabupaten belum ada, sedangkan untuk predikat A 1 perovinsi, untuk predikat BB 4 provinsi dan 8 Kabupaten dan kota, peringkat B ada 21 provinsi dan 115 Kabupaten/Kota, peringkat CC 8 provinsi, 149 Kabupaten/Kota, peringkat C 123 Kabupaten/Kota peringkat D 4Kabupaten/Kota seluruhnya adalah 399 dan masih ada 109 yang belum dievaluasi karena tidak menyampaikan laporannya, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan hasil eavluasi tentang SAKIP, dimana untuk kategori AA 1 provinsi yaitu DIY, kategori A 3 Provinsi, 11 Kabupaten/Kota, BB ada 9 Provinsi dan 56 Kabupaten Kota, peringkat B 20 Provinsi 258 Kabupaten /Kota, peringkat CC 1 Provinsi dan 118 Kabuppaten /kota, peringkat C 58 Kabupaten/Kota dan peringkat D sudah tidak ada, papar Agus Fuji Antara 

Sedangkan Wakil Bupati Bener Meriah Dailami seusai kegiatan tersebut kepada Prokopim Setdakab menyampaikan, pertama sekali kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenpan RB dan juga kepada seluruh tim dari dari Kabupaten Bener Meriah sehingga mampu untuk mempertahankan apa yang sudah kita raih terutama SAKIP peringkat B dan RB di peringkat C, kata Wabup Dailami.

“Apa yang kita terima hari ini adalah sebuah bentuk komitmen kita yang selalu mengevaluasi para kinerja SKPK setiap tahunnya, dengan satu niat dan tekat yaitu kedepannya semakin efektif, efisien didalam menjalankan Tupoksi dan juga memanfaatkan anggaran yang ada, dengan harapan tahun depan kita bisa mendapat peringkat yang lebih tinggi lagi, ” harap Wabup Dailami singkat.

Hadir mendampingi Wakil Bupati dalam acara tersebut, Asisten III Armansyah, SE, M.Si, Inspektur Mawardi, S.Ag, M.Sos, Kepala BKPP Kamaruddin, S.AP, Kadis Kominfo Ilham Abdi, S.STP, M.AP, Kadis PM-PSP Ruh Akbar, SH , Kabag Ortala Ridha Ma’ruf, S.KM beserta Kasubag Kinerja dan RB Almanar, SE, Kasubag Pelayanan Publik dan Tatalaksana Rahmatullah, SE, Kasubag Kelembagaan dan Analisis Jabatan Defri Setiawan Manik, SE serta pejabat terkait lainnya. 

(Andika read).