Breaking News

Sekda Bener Meriah Rapat Persiapan Launching SIGAP dengan DPMG Aceh dan Kompak


Redelong,tren24jam.com-Plt.Bupati Bener Meriah Dailami diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si didampingi Asisten Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Drs. Suarman, MM dan Kepala Dinas Kominfo Ilham Abdi, S.STP, M.AP menerima kunjungan rombongan DPMG Aceh dan Kompak Aceh, bertempat di Ruang Tamu Rumah Dinas Sekretaris Daerah Kab. Bener Meriah, Kamis, (29/7/2021). 

Kedatangan rombongan Tim Kompak dan perwakilan DPMG Aceh adalah untuk melakukan koordinasi terkait persiapan Launching Program SIGAP di seluruh Aceh yang direncanakan akan launching dari Kabupaten Bener Meriah secara hybrid yang difasilitasi penuh oleh DPMG Aceh. Kegiatan ini direncanakan pada 5 Agustus 2021 bertempat di Oproom Setdakab Bener Meriah (Sementara).

Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) ini dikembangkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh melalui dukungan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK). 

Pengembangan aplikasi ini merupakan bentuk pelaksanaan amanat Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sekaligus menjadi bagian dari upaya Pemerintah Aceh dalam membangun sistem informasi yang terintegrasi, dari Gampong, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi melalui Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT).

Aplikasi ini dapat diperoleh oleh Gampong/Kampung/Desa tanpa beban biaya apapun, dengan mengajukan permohonan tertulis kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh melalui Camat atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten/Kota, atau nama lainnya.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah menyampaikan dukungan dan kesiapan dalam pelaksanaan kegiatan ini serta mengucapkan terima kasih  kepada DPMG telah memilih Kabupaten Bener Meriah sebagai pusat Launching Aplikasi SIGAP.

Hadir dalam rombongan Kabid Teknologi Tepat Guna DPMG Aceh beserta Kasi, Tim KOMPAK Aceh, Diki dan Fery.