Breaking News

Plt. Bupati Bener Meriah: “Majunya Destinasi wisata Harus Diikuti Dengan Kesadaran Kita Bersama”


Redelong,tren24jam.com“Majunya destinasi wisata kita harus diikuti dengan kesadaran kita terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan di sekitar tempat wisata. Nyamannya pengunjung tak lepas dari dukungan fasilitas kebersihan dan keindahan lingkungannya yang tentunya akan memberikan kesan baik kepada wisatawan yang datang”.

Hal itu disampaikan oleh Plt. Bupati Bener Meriah, Dailami  saat membuka Pelatihan Penerapan Cleanliness Health Safety and Environment (CHSE) untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Damaran Baru, Kecamatan  Timang Gajah, Sabtu, 23/10/2021.

Lebih lanjut Plt. Bupati Bener Meriah mengungkapkan, kebersihan, sanitasi serta pengelolaan  sampah dengan baik dan benar  terutama ditempat-tempat Destinasi wisata seprti Damaran Baru ini, ini sangat penting,  karena untuk menciptakan keindahan dan kebersihan wisata sangat diperlukan kesadaran dengan mempedomani standar yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berbasis CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), Enverimont Sustainability (Kelestarian Lingkungan), jelas Dailami.

Diakhir sambutannya, Plt. Bupati Bener Meriah sangat mengapresiasi dengan  dilakukannya kegiatan tersebut dan sekaligus  berharap kepada semua peserta untuk  betul-betul mengikuti pelatihan ini dengan tuntas dan mencatat setiap poin yang disampaikan oleh narasumber sehingga bisa mewujudkan pariwisata di Damaran Baru yang Maju, pungkasnya.

Sedangkan  Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Dr. Mursyidin, MA dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas sambutan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Bener Meriah kepada civitas akademika UTU. Terutama dukungan untuk program kedaireka yang sedang dilangsungkan di Damaran Baru ini. "Alhamdulillah, atas dukungan dari DPMG Aceh, UTU dapat hadir dan melaksanakan program Matching Fund di Bener Meriah." Ungkapnya. 

“Kita berharap program seperti  ini dapat berlanjut pada  tahun-tahun berikutnya, sehingga pengelolaan objek pariwisata di Damaran Baru dapat berkembang dengan baik, maju dan dikenal baik ditingkat nasional maupun mancanegara,” harpanya.

"UTU dengan segenap kemampuan yang ada akan mendukung penuh program pengembangan pariwisata di Damaran Baru, salah satunya melalui program Kedaireka pelatihan CHSE."tutup Dr. Mursyidin 

Kegiatan tersebut  diinisiasi oleh tim Matching Fund - Kedaireka, Universitas Teuku Umar kerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh, diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari para pengelola objek wisata ecovillage dan aparatur Kampung Damaran Baru, dan akan berlangsunng selama dua hari, (Sabtu-Minggu, 23-24/10/202), bagi para pserta yang ikut  akan diberi berbagai pembekalan seputar strategi pengembangan pariwisata di era pandemi Covid-19. 

Tampak  hadir dalam acara pembukaan Pelatihan CHSE kepariwisataan di Damaran Baru tersebut diantarany,  Sekda Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si, Asisten III Sekdakab BM, Armansyah, SE, M.Si, Kepala BAPPEDA, Khairun Aksa, SE, MM, Kadis DPMK, Drs. Suarman, MM dan Kadis Pariwisata, Irmansyah, S.STP., MSP, Plh. Camat Gajah Putih Khairmasnyah, S.IP, M.Sc beserta Forkopimcamnya, para Reje Kampung, Tokoh Masyarakaat setempat  dan undangan lainnya, 

Semetara mewakili Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Provinsi Aceh, Drs. Wardana, M.Si, dan tim Matching Fund kedaireka UTU, Ketua Pelaksana MF-Kedaireka, Amsal Irmalis, SE., M.Sc, anggota tim Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si, Tengku Nih Farisni, SKM., M.Kes dan Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc.