Ditangkap Warga Ikan Pari Air Tawar Terbesar di Dunia

 

Tren24jam.com,- Penduduk desa Kamboja di Sungai Mekong menangkap Ikan air tawar terbesar yang tercatat di dunia. Ikan yang memiliki ukuran hampir 4 meter dari moncong ke ekor dan berat 300 kilogram tersebut ditangkap pada 13 Juni 2022.

Ikan pari Christened Boramy ini memiliki panjang empat meter dan berjenis kelamin betina, butuh belasan orang untuk mengangkut ikan ini ke daratan.

Christened Boramy memiliki arti bulan purnama (dalam bahasa Khmer) karena bentuknya yang bulat. 

Ikan ini ditangkap di Koh Preah, sebuah pulau di sepanjang bentangan sungai Kamboja.


Boramy berhasil mengalahkan ikan lele raksasa yang juga ditemukan di Sungai Mekong, Thailand utara, pada 2005 dengan berat mencapai 293 kg.

“Ini juga berita yang menggembirakan karena artinya bentangan Sungai Mekong masih sangat sehat, Ini adalah tanda harapan bahwa ikan besar masih hidup di sini,” ujar Hogan sebagaimana dikutip Reuters.

Menurut River Commission, Sungai Mekong diketahui memiliki populasi ikan paling beragam ketiga di dunia. Sungai Mekong juga telah menjadi rumah bagi spesies air tawar raksasa lain, termasuk lumba-lumba Irrawaddy, kura-kura softshell raksasa, lele raksasa Mekong, barbs raksasa (sejenis ikan mas), lele goonch raksasa dan sheatfish raksasa (jenis lele).



Ikan-ikan di Sungai Mekong bisa tumbuh sangat besar karena lingkungan disana punya beragam jenis habitat yang berbeda, termasuk kolam yang dalam, gundukan pasir, dan pulau-pulau yang menyediakan banyak makanan untuk hewan sehingga bisa tumbuh lebih besar.

Sayangnya, penangkapan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin, dan penipisan sedimen telah menyebabkan populasi ikan menurun drastis.

Pari air tawar sendiri adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. Hanya sedikit yang diketahui tentang ikan besar ini karena sangat sulit ditangkap. Ini menyebabkan peneliti sulit untuk menentukan populasinya di alam liar.

Tim ilmuwan memasukkan alat penanda di dekat ekor ikan pari tersebut sebelum melepaskannya. Perangkat akan mengirimkan informasi pelacakan untuk tahun depan, memberikan data yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang perilaku ikan pari raksasa di Kamboja.

Tim ilmuwan dan peneliti Kamboja dan Amerika, bersama dengan pejabat Administrasi Perikanan bersiap untuk melepaskan ikan pari air tawar raksasa kembali ke Sungai Mekong di provinsi timur laut Stung Treng, Kamboja. Foto: Chhut Chheana/Wonder of Mekong/via REUTERS.

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post