SMAN 1 Telukdalam Gelar Buka Puasa Bersama

SMAN 1 Telukdalam Gelar Buka Puasa Bersama

 
Nisel,Tren24Jam.com- Keluarga besar muslim SMAN 1 Teluk Dalam melaksanakan acara buka puasa bersama pada hari Selasa (18/4) tepat 26 Ramadhan 1444 H, bertempat di Mushola sekolah Kelurahan Pasar Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Rabu (19/4/2023).

Acara berbuka puasa bersama di inisiasi Rohis Osis SMA Negeri 1 Teluk Dalam. Acara dimulai dengan khatam Al-Quran, serta tausiah yang disampaikan ustad Fahmi Jainudin Muhtad dan buka puasa bersama,

Dalam tausiahnya Ustad Fahmi Jainudin Muhtad S.Kom. Ramadan ini memiliki tiga arti bagi kita. Pertama, ibadah Sirriyah. Apa itu ibadah Sirriyah? Ibadah yang penekanannya pada ibadah abstrak. Ibadah yang tidak terlihat namun dampaknya dapat kita rasakan.

Konteksnya lebih kepada ibadah keimanan. Yang mengetahui dirinya dan Tuhan. Sekarang banyak orang yang mengaku beriman, tetapi tidak puasa. Sering saya katakan bahwa orang yang meninggalkan keimanannya sama halnya seperti listrik yang hidup.

Contoh mic ini hidup karena ada listrik, lampu ini hidup karena ada aliran listrik dan lain-lain. Bagaimana jika listrik ada, tetapi setrika tidak nyala? Namanya korslet. Sekarang, mengaku beriman, tetapi tidak puasa itu namanya konslet, ngaku puasa tapi tidak sholat, ngaku berpuasa namun tidak membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan ini disebut konslet, kata Fahmi.

“Ibadah Ramadan ini dimaknai dengan ibadah Qalbiyah Badaniyah. Ibadah yang penekanannya pada hati dan tingkah laku atau ibadah yang penekanannya pada hati dan panca indera.

Jika hati kita bersih maka mata kita akan ikut bersih, jika hati kita bersih maka hidung kita tidak akan mencium sesuatu yang diharamkan pada bulan Ramadan, kalau hati kita bersih maka mulut tidak akan mengeluarkan kata-kata yang kotor, gibahin, menggosipi orang.

Kenapa? Selama bulan Ramadan, dia masih menjaga dirinya. Lalu, bagaimana dengan orang yang tidak menjaga dirinya? Dia akan mencium segala sesuatu yang diharamkan dan yang tidak bersih selama bulan Ramadan. Orang yang selama bulan Ramadan beribadah maka dia akan mengalami peningkatan keimanan kepada Allah SWT yang lebih tinggi dari sebelumnya,” ujar ustad

Salah satu hadits yang menyampaikan bahwa bau mulut nya orang yang berpuasa di bulan suci Ramadan itu lebih harum di hadapan Allah dibandingkan oleh harumnya minyak kasturi. Beberapa hal yang membatalkan puasa? Salah satunya makan dan minum yang disengaja.

“Terakhir, ibadah Ramadan ini mengajak kita untuk ibadah kebahagiaan sosial. Pada momen ini, kita dapat saling berbagi kepada siapapun itu tanpa melihat latar belakang seseorang. Sesungguhnya ibadah yang paling indah adalah membahagiakan orang lain,” ustad Fahmi mengakhiri tausiyah.

Oriston Suardin Zebua sebagai ketua OSIS mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari Ibu Kepala SMA Negeri 1 Telukdalam yang telah mengizinkan kegiatan baik itu terlaksana. Demikian pula sambutan sekaligus ucapan terima kasih atas kehadiran Kepala SMA Negeri 1 Telukdalam yang diwakili oleh Bapak/Ibu Guru dan Taus dan seluruh pengurus Rohis.( Ahan Bll ).

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post