Breaking News

Ketua TP PKK Kabupaten Bener Meriah Kunjungan Kerja Ke Kecamatan Permata


Redelong | tren24jam.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ny. Nikmah Sarkawi, S.Sy  didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Iswahyudi, S.KM M.Kes  dan Sekretaris Dinas Sosial melakukan Kunjungan Kerja ke Kampung Ramung Kecamatan Permata, Kamis (06/02/2020).

Kunjungan Kerja yang dilakukan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten beserta rombongan tersebut adalah untuk melihat dan memastikan secara langsung kondisi masyarakat setempat terutama masaalah kesehatan, Stunting, Gizi Buruk dan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Dalam kesempatan tersebut Ketua TP-PKK Ny. Nikmah Sarkawi menerangkan,  penting kiranya mengenal gejala stunting dalam rangka menjaga nutrisi dan perkembangan yang sehat setiap anak, cara mendeteksi anak terkena stunting salah satunya dengan pemantauan berat badan terutama hingga usianya 2 tahun, ujar Ny. Nikmah Sarkawi.

Ny. Nikmah Sarkawi  juga menyampaikan, bila anak di masa awal pertumbuhannya mengalami penurunan berat badan, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebabnya mungnkin bisa jadi, ada masalah dalam jumlah asupan nutrisinya dan hal lainnya, harap Ny. Nikmah Sarkawi.

Selain itu, kata Ummi yang akrab dipanggil tersebut, stunting juga bisa menjadi indikator dari pertumbuhan ekonomi, kesehatan, pendidikan, kebudayaan, serta kondisi lingkungan hidup di suatu tempat. Kondisi itu akan berpengaruh terhadap kurangnya perawatan rumah tangga, makanan pendamping ASI yang kurang memadai, pemberian ASI kurang maksimal, dan terjadinya infeksi terhadap anak,  dan pada akhirnya faktor-faktor inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya stunting, katanya menjelaskan.

Disis lain Ketua TP-PKK Bener Meriah itu juga menyinggung masalah ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa),  siapa saja bisa berisiko mengalami gangguan kejiwaan. mungkin disebabkan oleh stres yang berlarut-larut, itulah sebagai salah satu indikator penyebab terjadinya gangguan kejiwaan, hadir dalam kehidupan setiap orang, agar hal itu tidak terjadi pada seseorang mari kita bebaskan diri kita dari Stres, walaupun itu bukan hal yang muda, jelas Ny. Nikmah Sarkawi.

“Mari kita  belajar untuk selalu  berpikir positif dan mencari lingkungan yang suportif dan selalu mendukung, atau kita juga bisa mencari kegiatan yang bermanfaat sehingga selalu merasa termotivasi dan berharga," ungkapnya

Ny. Nikmah Sarkawi menekankan, bila ada sanak famili dan keluarga kita  mengalami gangguan kejiwaan (ODGJ), jangan  menunda untuk mengaadakan konsultasi pada ahli sebelum masalah menjadi semakin buruk dan sulit ditangani. Tak perlu merasa malu atau takut untuk berkonsultasi dengan psikolog demi kesehatan mental pribadi, harap Ny. Nikmah Sarkawi.

Terakhir Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi berpesan, “Kepada keluarga ODGJ agar tetap memberikan yang terbaik kepada ODGJ, dan apabila ada hal-hal yang dibutuhkan segera sampaikan kepada Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk dapat segera ditangani," pungkas Ny. Nikmah Sarkawi.

Dalam kunjungan kerja kali ini, selain Kampung Ramung Ny. Nikmah Sarkawi  dan rombongan juga mengunjungi Kampung Jelobok, Weh Bakongan, Dusun Tengah bakongan Baru. (Andika)