ENAM ORANG DI AMANKAN APARAT, DIDUGA MENYUPLAI SEMBAKO UNTUK KKB

ENAM ORANG DI AMANKAN APARAT, DIDUGA MENYUPLAI SEMBAKO UNTUK KKB

Timika Papua, Tren24jam.com - Enam orang masyarakat kab.mimika telah di amankan aparat kepolisian, yang di duga telah membantu menyuplai sembako untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di perempatan jalan kuala kencana dan mayon pada hari selasa tanggal 07 april kemarin.

Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK membenarkan bahwa pada hari Selasa tanggal 7 April 2020, Pukul 14.44 WIT, bertempat di perempatan jalan Kuala kencana Mayon, telah lakukan operasi Kepolisian dengan sasaran sajam, miras dan barang – barang lain yang tidak sesuai dengan peruntukkannya. Pada saat operasi ditemukan 6  orang yang akan membawa sembako untuk target utama KKB yang berada diarea kalikopi pimpinan Hengky Wamang, rabu (08/04/20).

Aparat gabungan yang melaksanakan Giat Razia mengamankan kendaraan yang membawa bahan makanan yang mengarah ke iwaka, karena merasa curiga dilakukan interogasi awal di Polsek Kuala kencana.

“Dari hasil interogasi awal dipolsek Kuala kencana dicurigai Bama yang dibawa tersebut akan disalurkan kepada KKB oleh karena itu ke 6 orang tersebut dibawa ke polres untuk dimintai keterangan".

Dari hasil interogasi diketahui bahwa Hengky Wamang melalui salah satu saudara perempuan meminta tolong untuk membeli bahan makanan dipasar lama jalan Bhayangkara Timika, selanjutnya  untuk diantar kepada Hengky Wamang.

Kemudian bahan makanan tersebut diantar oleh kaka Anis dengan menggunakan Mobil menuju ke Jembatan  tempat galian C yang akan diambil oleh pasukan utusan Hengky Wamang ditempat yang telah ditentukan.

“Dari salah satu yang diamankan yaitu mama Ema mengakui bahwa dirinya telah beberapa kali mengirim bama dan amunisi untuk Hengky wanmang “sebanyak kurang lebih 35 butir dari tahun 2016 sampai dengan 2017  dan terkait hal itu polres mimika akan mengusut tuntas sumber amunisi tersebut”.

Orang-orang yang diamankan adalah YW, RW, EN, NM, EM dan IM (anak dari NM), bersama-sama dengan bahan makanan seperti beras, supermi, gula, kopi dan bumbu dapur.

“ Ke enam orang tersebut dilakukan pemeriksaan intensif oleh penyidik Polres Mimika dan barang bukti berupa bahan makan diamankan di Polres Mimika demi kepentingan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut". Kata kapolres.

Dari hasil penyelidikan saat ini Polres Mimika sudah mengantongi beberapa nama yang dicurigasi melakukan kegiatan mendukung KBB kali kopi dan Tembagapura dengan menyuplai sembako, uang dan amunisi, dan akan melakukan tindakan tegas terhadap oknum - oknum tersebut jika masih  melakukan. Tegas kapolres.

Penulis : Dedi

Previous Post Next Post