Breaking News

CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA DI MIMIKA, PEMDA AKAN SURATI PRESIDEN TUTUP OPERASI FREEPORT SELAMA SATU BULAN

Timika Papua, Tren24jam.com -  Bupati kab.mimika  Eltinus  Omaleng  akan menyurati Presiden  Joko  Widodo untuk mengusulkan agar aktivitas PT Freeport  indonesia di distrik tembagapura  ditutup untuk sementara waktu  selama satu bulan hal ini bertujuan untuk mencegah  penyebaran Virus Corona di kab.mimika

Menurut bupati mimika Eltinus Omaleng hal ini untuk memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona di wilayah pertambangan tersebut, mengingat jumlah kasus positif Covid-19 terus  meningkat di kab.mimika distrik Tembagapura, jum'at (08/05/20).

Meski demikian, bupati mimika tentu akan menyurati dan meminta arahan terlebih dahulu kepada presiden Joko Widodo, mengigat Freeport  merupakan obyek vital nasional .

Menghentikan sementara aktivitas kerja di wilayah PT. Freeport  merupakan salah satu langkah  upaya memutuskan mata rantai  penyebaran Covid-19.

Menurut bupati dilingkungan kerja PT. Freeport tidak dapat dihindari adanya  penumpukan orang meski  manajemen sudah memberlakukan Social dan Physical Distancing.

Bupati  mimika  Eltinus Omaleng  mencontohkan, bila di area perusahaan  tersebut  para  karyawan bersama-sama  naik bus, masuk  mes untuk  makan dan  lainnya.

Bupati akui pemerintah  daerah  kab.mimika tidak bisa semena - mena menutup operasional  perusahan  itu  sementara  waktu, sehingga  diperlukan  arahan dari presiden dan kementrian ESDM.

Apabila  usulan  tersebut  disetujui  maka  bupati  menyatakan  operasional PT. Freeport akan ditutup sebentara selama  satu  bulan kedepan.

Sementara  itu hingga JUMAT (08/05/20) terdapat 97 kasus Positif Corona di mimika dengan adanya 17 pasien sembuh dan  3 meninggal dunia Covid-19. Dengan  jumlah 95 kasus ini, maka kab.mimika  merupakan kabupaten tertinggi kasus Covid-19 di provinsi papua saat ini.

Penulis : Dedi