TNI AD Latihan Tempur di Puslatpur Kodiklat OKU, Ini Komentar KSAD Jendral TNI Andhika Perkasa

TNI AD Latihan Tempur di Puslatpur Kodiklat OKU, Ini Komentar KSAD Jendral TNI Andhika Perkasa

OKU,  Tren24jam.com - Suara meriam sesekali menghentak suasana di Puslatpur Kodiklat TNI AD Baturaja, Kabupaten OKU, Sumsel Kamis (26/11/2020).

Meriam dan roket yang ditembakkan melalui Tank dan Senjata Berat dari TNI AD itu, menyasar pada sasaran musuh yang telah dihitung secara cermat. 

Selang beberapa menit kemudian, 2 Helikopter jenis Apache datang menebar ancaman kepada musuh.

Mereka menembak sebanyak 2 kali, meluluh lantahkan markas musuh.

Tidak hanya sekali itu, berkali-kali mereka melakukan manuver dan menembakkan rudal ke arah musuh.

Ada juga Heli Angkut yang membawa logistik untuk digunakan dalam penangkapan tersebut. 

Suasana tersebut merupakan rangkaian dari puncak Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha TA 2020, yang dilakukan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat TNI AD di Baturaja, Kabupaten OKU Sumsel.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh KASAD Jendral Andhika Perkasa, didampingi Komandan Kodiklat TNI AD selaku Komandan Latihan, Letjen TNI AM. Putranto, serta Asisten Latihan KASAD, Mayjen TNI Harianto.

Dalam giat tersebut, beberapa satuan terlibat seperti Satuan Infanteri dari Markas Brigif R-9/2/Kostrad, Yonif R-509/9/2/K, Yonif R-514/9/2/K, Yonif Mekanis R-412/6/2/K. Kemudian Satuan Kavaleri seperti dari Yonkav 8/2/K, Kikav 8/2/K.

Ada juga Satuan Artileri Medan dari Baterai Armed dari Yonarmed 1/2/K, Yonarmed 11/2/K, dan Yonarmed 12/2/K. Kemudian Satuan Artileri Pertahanan Udara dari Yonarhanud 2/2/K.

Ditambah satuan perkuatan lainnya seperti dari Kizipur Yonzipur 10, Kibekang Yonbekang 2, Kikes Yonkes 2, Kipal Denpal Div-2, Kihub Denhub Div-2, Kipom, Denpom Div-2, Sat Ajen Div-2, Sat Hukum Kostrad, Sat Penerangan Kostrad, Sat Topografi AD, Skadron 11/Penerbad dan Skadron 12/Penerbad.

Sementara itu, beberapa Alutsista juga dipakai dalam latihan ini. Antara lain Tank Leopard 2A4 dan Leopard 2 RI,Tank Leopard ARV, Marder, Panser Anoa, dan Panser APR dari Satuan Kavaleri. 

Kemudian dari Satuan Infanteri, yakni Ranpur M 113, SMB SM-5, Senapan Serbu SS-2, Mortir 81, Mortir 60 LR, Mo 60 Commando, SLT C-90-CR, SPR-2, SO Minimi. Dari Satuan Artileri Medan yaknj Meriam Caesar, Comodo BCV, Comodo Meteo, Astros AV LMU, Astros AV RMD, AV Meteo, AV OFVE, AV UCF, Komodo Bacara, unit AV PCC, Meriam 76 mm.

Ada juga daei Satuan Artileri Pertahanan Udara seperti Mistral Atlas, MPCV, MCP. Dari Satuan Zeni yakni Ransus Nubika, Ransus Jihandak, Ransus RO dan Bomb trailer.

Satuan Perhubungan tak ketinggal melibatkan Kendaraan Direction Finder mereka. Dari Satuan Penerbad, ada Bell 412, Fennec, dan Apache. Satuan Polisi Militer, Rantis Anoa, Rantis APR, dan Satuan Kesehatan melibatkan Ranpur M 113 Ambulance. 

Latihan Puncak Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha 2020 ini menunjukkan dinamika Brigade Tim Pertempuran dalam operasi serangan. Dengan menujukkan berbagai kombinasi manuver yang dilaksanakan seperti penembakan Tank Leopard, penembakan SMB, manuver ranpur, Kerjasama Infanteri Tank, tembakan Heli Apache dengan Hellfire dan Hydra.

"Kali ini sebetulnya sudah jauh lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. Tapi memang, masih begitu banyak kekurangan kami, saya harus akui. Begitu banyak kekurangan kami," ujar Jendral Andika Perkasa saat memberikan keterangan kepada awak media. 

Ia mencontohkan misalnya, jumlah pesawat terbang heli yang dinilainya kurang. Ia mengatakan, idealnya harus bisa lebih mengerahkan jumlah yang banyak, baik heli serang maupun heli angkut. 

"Heli angkut tadi, harusnya kita punya yang lebih besar. Heli serang misalnya tadi Apache, harusnya punya lebih banyak. Tidak hanya 8 pesawat saja. Heli angkut, harusnya ada yang bisa lebih besar. Karena muatannya terbatas tadi. Itu yang kita punya hanya M17. Tadi ada, tapi hanya itu. Sebetulnya ada yang masih besar lagi yang kita butuhkan," ungkapnya. 

Belum lagi alat tempur yang mereka miliki saat ini, seperti Meriam. Harusnya sudah bisa diupgrade Rudal berjenis Guided Missile.    (SUSI)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post