Breaking News

Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh Bekerjasama Dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)


Takengon,Tren24jam.com-Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengembangan Bunga Krisan di Aceh Tengah, Jum’at (12/03) bertempat di Gedung Ummi Pendopo Bupati Aceh Tengah.

Dalam acara tersebut, tampak dihadiri oleh Ketua TP PKK Aceh Tengah Puan Ratna, Kepala BPTP Aceh Ferizal, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Aceh Muhammad Thamrin, Ketua Pokja III TP PKK Aceh dan sejumlah pengurus TP PKK Aceh Tengah lainnya, serta dibuka langsung secara virtual oleh Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati.

Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna mengawali sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyelenggara atas dilaksanakannya kegiatan didaerah ini.

Dikatakannya, kegiatan sosialisasi dan Bimtek ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kapasitas SDM dalam pengembangan produk pertanian yang memiliki prospek dan nilai jual. Apalagi Kabupaten Aceh Tengah dikenal sebagai sentra pertanian di Provinsi Aceh dan sangat memiliki potensi dalam pengembangan bunga krisan.

“Walaupun bunga krisan belum banyak dikenal masyarakat, namun permintaan pasarnya sangat tinggi. Sebab selain sebagai penghias, bunga krisan juga sebagai tanaman pengusir nyamuk dan penyerap polutan,” ujar Puan Ratna.

“Dengan demikian, budidaya bunga krisan ini tentunya menjadi peluang yang sangat baik dan harus dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan terutama bagi kader dan mitra PKK,” sambungnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati dalam arahannya yang disampaikan secara virtual menyampaikan bahwa dengan diadakan Sosialisasi dan Bimtek ini dapat memberikan pengetahuan lebih dalam memaksimalkan budidaya krisan.

Dyah optimis, dengan meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam budidaya ini, bukan tidak mungkin Aceh Tengah akan menjadi penghasil krisan di Aceh.

“Saya berharap kiranya usai mengikuti kegiatan ini seluruh peserta dapat menjadi contoh, sehingga menjadikan nilai ekonomi bagi masyarakat.” Ujar Dyah secara virtual disela-sela kegiatannya menghadiri pelantikan Wakil Bupati Bener Meriah.

Direncanakan, kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini akan berlangsung hingga sore hari dan diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari empat kelompok binaan masing-masing Kelompok Arias, Telege Pitu, Bur Telege dan Jaya Mandiri.