Breaking News

Wakil Bupati Saksikan Lanching Program PAUD HI Dan Penandatanganan MoU Para Penyelenggara Program PAUD HI Kabupaten/Kota Se-Aceh


Redelong,tren24jam.com-Wakil Bupati Bener Meriah Dailami didampingi oleh Kadisdik Sukur, S.Pd, M.Pd, Kadis Kesehatan Abdul Muis, SE, MT, Kadis PP,PA dan KB Susnaini, S.Ag, Wakil Bunda PAUD Suryati, Ketua DWP Risnawaty, S.SiT dan unsure Forkopimda Bener Meriah menghadiri dan menyaksikan Launching Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) Provinsi Aceh dengan seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh secara serentak yang dilakukan secara Virtual sekaligus Penandatanganan MoU antara Bunda PAUD Aceh dengan para Stakehoder penyelenggara Program PAUD HI Kabupaten/Kota di Media Center Kabupaten Bener Meriah, Jum’at, 28/5/2021.

Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT dalam kata sambutannya pada acara tersebut menyampaikan, Alhamdulillah pada hari ini kita dapat menyaksikan acara Launching Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) Provinsi Aceh dengan seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh, kegiatan ini harus kita lakukan secara daring mengingat Pandemi Covid-19 masih mengintai kita dimana-mana, kata Gubernur Aceh.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, saya mengingatkan sekali lagi kepada selurruh masyarakat utamanya di Aceh agar tetap waspada dan berhati-hati menghadapi kondisi yang berat ini protocol kesehatan mutlak kita patuhi untuk menghindari virus yang sangat berbahay ini. 

“Saya mengajak untuk bekerjasama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” tambah Nova Iriansyah.

Sambung Gubernur, terkait dengan peningkatan mutu pendidikan utamanya di Aceh, bahwa perhatian terhadap Pendidikan Anak Usia Dini harus kita tingkatkan terus sebab penguatan Pendidikan Anak Usia Dini merupakan investasi masa depan yang perlu kita dukung bersama dan itulah investasi yang paling berharga. Penelitian para pakar mengatakan Usia Dini adalah dimana masa sel-sela syaraf anak mengalami perkembangan yang sangat signifikan, sangat cepat sehingga disebut dengan masa emas, papar Gubernur Nova.

Kata Gubernur Nova Iriansyah, tidak heran jika Negara-negara maju menaruh perhatian yang sangat khusus bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia utamanya di Aceh perlu mengembangangkan system Pendidikan Usia Dini yang berkualitas agar kita memiliki generasi unggul yang siap menjadi penerus pembangunan bangsa, pembangunan umat, oleh sebab itu berbagai trobosan untuk meningkatkan mutu PAUD selayakanya kita dukung bersama dan harus kita dukung bersama, tegas Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Sementara Bunda PAUD Aceh DR. Ir. Dyah Erti Idawaty, MT dalam laporannya menyampaikan, salah satu prioritas pembangunan Aceh adalah peningkatan mutu pendidikan bagi generasi mudanya, peningkatan mutu tersebut tidak hanya pada pendidikan dasar dan menengah, tapi juga untuk tingkat usia dini, ungkapnya.

Sambung Bunda PAUD Aceh, Pendidikan Anak Usia dibawah 6 tahun ini penting menjadi perhatian kita sebab inilah namanya anak mengalami masa usia emas. Untuk memanfaatkan masa emas ini dengan dengan dukungan pemerintah Aceh dan pemerintah Kabupaten/Kota, Bunda PAUD Aceh dan seluruh Bunda PAUD Kabupaten/Kota Se-Aceh mengembangkan program PAUD diberbagai kampung sehingga sampai saat ini ada lebih dari 3.000 lembaga PAUD dan kelompok bermain Taman Penitipan Anak serta Satuan PAUD sejenis yang sudah ada di seluruh Aceh, paparnya.

Lanjut Bunda PAUD Aceh, dalam rangka rangka peningkatan mutu PAUD, maka hari ini Bunda PAUD Aceh beserta seluruh Bunda PAUD Kabupaten/Kota akan meluncurkan trobosan baru dalam rangka meningkatkan mutu PAUD dan langkah yang akan kita terapkan adalah menerapkan system pengembangan Holistik Integratif di seluruh lembaga PAUD, jelasnya.

Acara Launching PAUD HI tersebut ditandai dengan pemukulan rapai Aceh oleh Gubernur Aceh Ir.H. Nova Iriansyah, MT dan Bunda PAUD Aceh DR. Ir. Dyah Erti Idawaty, MT, yang didampingi oleh para Kepala SKPA dan Instansi terkait yang diikuti secara serentak oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh yang dipusatkan di Restoran Meuligoe Gubernur Aceh-Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bebearpa Testimoni oleh Pejabat terkait.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Deputi Bidang Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK DR. Femi Eka Kartika Putri, M.PS, Asdep Pemenuhan Hak Anak Pengasuhan dan Perlindungan Rohika, Kepala BKKBN Pusat dr. Hasto Wardoyo, SpOG, Direktur PAUD Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek RI DR. Mhd. Haski, M.Pd, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek RI DR. Santi Ambarukmi, M.Pd, Direktur Kesejahteraan Keluarga Kemenkes RI DR. Erna Ngulati, M.Sc, Direktur Agama Pendidikan dan Kebudayaan Bappenas Drs. Ahmi Alkhumami, MA, M.eD, P.hD, Ketua Umum PP HIMPAUDI Prof. DR. Ir. Hj. Netty Erawaty, M.Si, Kepala BP PAUD Dukmas Aceh As’ary, M.Pd, dan seluruh unur Forkopimda Aceh dan Kabupaten Kota se-Provinsi Aceh. 


(Andik read).