Breaking News

Melalui Komsos Babinsa 02/Bebesen Beri Semangat Dan Motivasi Kepada Petani Tomat.


Takengon,tren24jam.com-Babinsa Koramil 02/Bebesen, Kodim 0106/Ateng Serda Hairuddin melaksanakan kegiatan komsos dengan petani tomat Marwan (40) bertempat di desa bahgie kec, bebesen, kab, Aceh Tengah. Senin (30/08/21).

Babinsa desa bahgie Serda Hairudin menyampaikan
Perawatan batang tomat sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur agar membuahkan hasil yang besar dan banyak, dengan cara membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian tali atau penopang, pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari.

Jika tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang tersebut dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain serta pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilihlah pestisida yang organik, pemanenan buah tomat biasanya masa penen tomat adalah 3 bulan dari penanaman, namun hal ini tentunya sangat berpariasi tergantung dari jenis dan kesuburan tanaman.

Tomat yang sudah mulai matang yang ditunjukkan dengan adanya perubahan warna dari hijau ke orange, dilakukan pemetikan 2 hari sekali dikarenakan buah tomat tidak matang secara bersamaan." Ungkapnya".

Pemilik kebun Marwan (40) sangat senang dengan berkomunikasi untuk mengarahkan dan merawat tanaman tomat “Kami tentunya sangat senang dan selalu mendoakan TNI dalam hal Babinsa selalu sehat serta sukses dalam menjalankan tugas setiap hari,” ungkapnya.