Sekda Kabupaten Bener Meriah lakukan lawatan Ke Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh

Sekda Kabupaten Bener Meriah lakukan lawatan Ke Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh


Meulaboh,tren24jam.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.si mewakili Plt. Bupati mengadakan lawatan ke Universitas teuku Umar (UTU) Meulaboh Kabupaten Aceh Barat dalam rangka memenuhi undangan dari Rektor Universitas Teuku Umar terkait Implementasi Hasil MoU Antara Pemerintah Kabupaten  Bener Meriah dengan Universitas Teuku Umar (UTU), Rabu, 6/10/2021.

Kedatangan Sekda beserta rombongan disambut langsung oleh Rektor UTU Prof. Jasman J. Ma'ruf, SE, MBA  beserta jajaran di Gerbang Utama Kampus UTU setempat. Sebelum mengadakan pertemuan, Sekda dan rombongan oleh pihak kampus terlebih dahulu diajak berkeliling untuk meilhat langsung  Taman Herbal milik UTU yang ditanami dengan berbagai macam tanaman obat dan juga tempat dimana penangkaran Madu Kelulut yang nantinya akan di kembangkan di Kabupaten Bener Meriah tepatnya di Kampung  Damaran Baru, Kecamatan  Timang Gajah.

Selesai melihat taman Taman Herbal milik UTU Rektor Kampung bersama jajarannya juga mengajak rombongan Sekda   mengelilingi Kampus UTU yang terintegrasi berikut fasilitasnya yang langsung dipandu oleh Rektor UTU, sambal menjelaskan tentang sejarah awal mula berdirinya UTU, Master Plan Pembangunan UTU, Konsep Pembelajaran, Prestasi yang diraih sampai dengan sejarah Pahlawan Nasional asal Aceh Barat “Teuku Umar” yang dijadikan nama Universitas tersebut disampaikan langsung oleh Rektor UTU pada saat di Ruang Museum Teuku Umar UTU.

Universitas Teuku Umar (UTU)  dengan jumlah Mahasiswa/Mahasiswi sebanyak  700 orang yang datang dari seluruh Indonesia seperti Papua, Kalimantan, Sumatera Barat dan Sumut. Yang terletak dalam lokasi  94 Hektare dan fokus pada konsep Pembangunan Industri Berbasis Agro dan Kelautan dan memiliki 6 Fakultas, jelas Rektor UTU Meulaboh tersebut.

Dalam pertemuan antara Sekda dengan Rektor UTU Prof. DR. Jasman J.Ma’ruf, SE, MBA didampingi oleh Warek II, Warek III dan Para  Dekan yang berlangsung di ruang rapat  Senat UTU  menyampaikan,  terkait dengan tujuan kerjasama dengan antara UTU dengan Pemerintah Kabupaten  Bener Meriah lebih difokuskan kepada bidang Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, jelasnya.

Untuk bidang Pendidikan pihak UTU akan menjamin kelulusan calon mahasiswa yang mendaftar ke - UTU melalui program BIDIKMISI dengan ketentuan Anak Yatim dan Kurang Mampu terutama yang berasal Kabupaten  Bener Meriah, mengingat selama ini persentase mahasiswa di UTU dari Kabupaten Bener Meriah hampir tidak ada selama ini, kalaupun ada sangat sedikit, dengan Program Beasiswa Bagi Siswa Siswi Lulusan SMA/Sederajat dari Kabupaten  Bener Meriah yang akan melanjutkan kuliah di Universitas Teuku Umar, jelasnya.

 Sedangkan Kerjasama  dalam  bidang Pemberdayaan Masyarakat  yaitu terkait dengan Program Pengembangan Ternak Madu Kelulut di Kabupaten Bener Meriah dengan Pilot Project Kampung Damaran Baru, Kecamatan  Timang Gajah 

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten  Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si apa yang sudah kita bahas dan bicarakan hari ini harus disambut dengan aksi nyata, sehingga ini menjadi PR kepada kita semua melalui OPD masing-masing agar merealisasikan apa yang sudah kita sepakati bersama, katanya.

Terakhir Sekda  Drs. Haili Yoga, M.Si dalam pertemuan itu juga mengharapkan,  kedepan juga mungkin dapat diwacanakan tentang peningkatan kerjasama dalam Assesment JPT Eselon II Pemkab Bener Meriah.

Dalam sesi diskusi ada beberapa program yang berkembang  seperti akan adanya MoA antara Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan Dinas Kesehatan Kabupaten  Bener Meriah tentang Praktek Mahasiswa/i Kesehatan Masyarakat di Puskesmas-puskesmas Kabupaten Bener Meriah. Begitu juga dengan Fakultas Pertanian yang berharap kedepannya ada mahasiswa dari Kabupaten  Bener Meriah bisa langsung magang di Kabupaten asal dalam mengolah kopi di koperasi-koperasi kopi.

Ikut dalam rombongan Sekda Kabupaten Bener Meriah tersebut diantaranya, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Armansyah, SE. M.Si, Kepala Bappeda Khairun Aksa, SE, MM, Kepala Dinas Pendidikan Sukur, S.Pd, M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis, SE, MT dan Kepala Cabdin Pendidikan Sukardi,

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post