Breaking News

Menjelang Ramadhan 1443 H Polres Sibolga Gelar Rapat Kordinasi


Sibolga
,Tren24jam.com-Rapat kordinasi TNI-Polri dengan instansi terkait dilaksanakan di aula Wira Pratama Polres Sibolga Senin (28/3/2022) yang dimulai pukul 16.30 Wib.

Adapun Tema pembahasan dalam rakor dimaksud yakni

1. menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah di kota Sibolga

2.Pengukuhan Da'i Kamtibmas Polres Sibolga

3.Pemberian Penghargaan kepada Faskes dengan capaian vaksinasi terbanyak.

Dalam kesempatan tersebut Josua Hutapea,S.Sos,MM mewakili Walikota Sibolga menyampaikan sambutan dengan Ucapan terimakasih kpd Polres Sibolga atas giat Rakor ini, dan mengapresiasi Polres Sibolga terkait capaian vaksinasi yg telah memenuhi terget pemerintah. 

Dimana Pemkot Sibolga akan terus bersinergi dgn Polres Sibolga dlm mensukseskan percepatan vaksinasi dan pengamanan giat masyarakat saat bulan Ramadhan.


Dikesempatan yang sama,Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K menyampaikan tujuan rakor adalah mengkordinasikan dan menyelaraskan pelaksanaan tugas utk mewujudkan Kamtibmas yg kondusif di kota Sibolga khususnya di bulan Ramadhan dan Syawal 1443 H thn 2022. 

Selanjutnya, 'Taryono menyampaikan "Sampai saat ini hanya 3 kota/kab yang Level 1 yakni kota Sibolga, Kab. Madina, Kab. Pakpak Barat, ini adalah berkat kerjasama seluruh stakeholder dalam mengelola 7 indikator asesmen. Ungkapnya.

Kemudian, Perkembangan covid 19 di kota Sibolga terus membaik dikarenakan kepatuhan masyarakat kota Sibolga untuk melakukan vaksinasi dimana persentasi vaksinasi dosis 1 sebanyak 118 %, Vaksinasi Dosis II sebanyak 100,45%, Vaksinasi Dosis III sebanyak 24,59 %.".

Masih Kapolres, Terkait Fatwa MUI Nomor 13 thn 2021 ttg vaksinasi di bulan Ramadhan, dimohon agar ketua MUI kota Sibolga nantinya dapat memberikan edukasi dan pencerahan".

Tambahnya lagi, Polres Sibolga akan mengambil langkah strategis menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1443 H dgn merencanakan pendirian 6 Pos Pam untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan agar tidak melanggar prokes.

Lanjut, Membuat himbauan berbentuk Stiker/meme di rumah warga dan tempat tempat ibadah,Pengaktifan Posko PPKM".

Dalam kesempatan acara tersebut,juga dilakukan Himbauan pemerintah terkait aturan mudik yakni dengan Pemutaran Cuplikan video Bpk presiden.

Oleh Kapolres, mengatakan polres Sibolga memiliki Program Prioritas di bulan Ramadhan 1443 H yaitu *Polisi Simpatik, Polisi Berbagi, dan Polisi Beriman* 

Sementara, Kadis Kesehatan kota Sibolga yang diwakili oleh Kabid P2P Sri Wahyuni juga menyampaikan dukungan penuh dan akan selalu bersinergi dgn Polres Sibolga dan stakeholder terkait, Dengan Menyiapkan obat obatan, tabung oksigen di tiap tiap Rumah Sakit dan Puskesmas dan tempat isolasi Terpadu. 

Terkait pengamanan di mesjid mesjid dan pos pam, dinkes akan menghadirkan petugas untuk stand by melakukan ceking kesehatan jemaat dan akan dibuatkan QR Code di setiap mesjid

Tidak ketinggalan Paparan Perwakilan Kalak BPBD Kota Sibolga menyampaikan sangat mendukung rapat kordinasi tersebut dgn membantu pengamanan polres sibolga baik di pospam maupun pengamanan di tempat ibadah sekaligus menyiapkan masker untuk jemaah di mesjid. 

Sementara Ketua MUI kota Sibolga H.Torkisma Panggabean,LC menyampaikan Tekait vaksinasi di bulan puasa diperbolehkan berdasarkan fatwa MUI No 13 thn 2021, dikarenakan vaksin tidak melalui rongga mulut dan hidung melainkan disuntikkan ke bagian tubuh. Ketua MUI juga berharap Terkait dengan knalpot blong memohon untuk bersama sama menertibkannya, karena sangat menganggu saat sedang ibadah dan sekaligus Melarang penggunaan mercon di kota Sibolga.

Selanjutnya Kapolres Sibolga dan unsur sthokholder melaksanakan Kegiatan Pengukuhan Da'i Kamtibmas Polres Sibolga sebanyak 10 (Sepuluh) orang yaitu :

- 1. Usd. H. Zainun Sinaga

- 2. Usd. Drs. H. Tasrim Tanjung

- 3. Usd. Drs H. Aswad Panjaitan.

- 4. Usd. H. Masaliarman Piliang

- 5. Usd. Zainun Tanjung

- 6. Usd. Drs. H. Amansyah Hrp

- 7. Usd.H. Supratman,AF

- 8. Usd. Aminuddin Koto

- 9. Usd. H. Apit Markan,S.Ag

- 10. Usd. Satu Muharram

Usai pengkuhan Dai Kamtibmas dilanjutkan dgn pemberian penghargaan kepada Faskes dengan capaian Vaksinasi terbanyak kategori masyarakat umum dan lansia yg diberikan oleh Kapolres Sibolga kepada

1. Klinik Polres Sibolga dengan capaian 9.377 dosis

2. Puskesmas Sambas dengan capaian 6.768 dosis

3. Puskesmas Pintu Angin dengan capaian 5.651 dosis.acarapun berjalan dengan baik.(Red).

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.