Breaking News

Bupati Shabela Resmi Buka Pelatihan 320 Calon Pekerja Berkompetensi


Takengon, tren24jam.com - Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi 320 Peserta Pelatihan, bertempat di Aula UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Blang Bebangka Pegasing Takengon, pada Kamis (24/02/22). 

Program pelatihan kerja tersebut, merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap dan mampu secara optimal agar siap masuk ke dunia kerja.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini akan dapat melahirkan tenaga kerja atau calon pengusaha baru yang mampu menciptakan lapangan kerja serta menjadi pekerja yang berkompetensi dan berdaya saing. 

Dalam kesempatan membuka pelatihan tersebut Bupati Aceh Tengah menyampaikan, Pemerintah terus berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia yang siap dan mampu untuk bekerja berbasis kompetensi, bertujuan tidak hanya menurunkan angka pengangguran, tapi juga menyebar luaskan peluang ekonomi yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat terlebih pada masa pandemi seperti pada saat ini.

“Kiranya, setelah mengikuti pelatihan ini kesempatan memperoleh peluang usaha akan semakin terbuka lebar, tinggal apakah nantinya para peserta pelatihan mampu melihat peluang ini atau tidak, karena salah satu kunci untuk sukses berwirausaha yakni adanya kreatifitas dan inovatif dari para pelakunya," kata Bupati Shabela.

Menurut Shabela Abubakar, bagi para peserta pelatihan yang akan memulai merintis usaha harus memiliki sikap pantang menyerah, sebab dalam menjalankan setiap usaha sudah pasti akan memiliki kendala dan masalah, namun harus terus disikapi sebagai tantangan agar semakin matang dalam menjalankan tiap usahanya.

"Manfaatkan teknologi sebagai pendukung usaha saudara, setidaknya sebagai pilihan dan media promosi yang memberikan kemudahan untuk semakin dikenal luas oleh masyarakat," jelasnya.

Bupati menambahkan, Semoga program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja tersebut dapat berlangsung masif, berkelanjutan dan terus menerus dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat dan pembangunan terutama untuk di Kabupaten Aceh Tengah.

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi ini ditandai dengan penyerahan perlengkapan peserta secara simbolis, tampak turut hadir dalam pembukaan tersebut, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Banda Aceh, Kepala Bank Aceh cabang Takengon, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait, diantaranya Kadis BKPSDM, Kadis Pariwisata, Kadis Pangan, Plt. Kadis Perdagangan, Plt. Kadis Pendidikan dan Badan Dayah, Kepala Baitul Mal, serta beberapa Camat wilayah asal dari peserta pelatihan.

Sebelumnya Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kausarsyah, SE, MM menjelaskan bahwa pelatihan berbasis kompetensi kejuruan ini digelar untuk menciptakan calon tenaga kerja maupun wirausaha mandiri yang berkompeten dan mampu berdaya saing terutama diera teknologi saat ini. 

Peserta pelatihan ini terdiri 320 orang peserta dan akan dibagi atas 20 kelas pelatihan, dengan rincian 9 Kelas atau 144 orang akan mengikuti pelatihan dengan menggunakan biaya APBN, dan 11 kelas lainnya, atau dengan jumlah 176 orang peserta pelatihan akan menggukan dana Otsus Kabupaten Aceh Tengah.

"Para Peserta nantinya akan dibagi menjadi 4 gelombang, dengan masing-masing mengikuti 260-320 jam pelatihan atau akan dilatih selama lebih kurang 35 sampai 40 hari dan setelah mengikuti pelatihan ini akan bergabung dengan talent hubungan yang terhubung dengan Dinas Tranmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Tengah" jelasnya selaku Panitia Pelaksana Pelatihan tersebut.

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.