Breaking News

Pangdam Kunjungi Negeri Asal Gajah Putih, Simbol Kebanggaan Prajurit Kodam IM

Takengon, tren24jam.com - Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar terima dan dampingi Kunjungan khusus Panglima Daerah Meliter Iskandar Muda, Mayjen TNI Muhammad Hasan, SH dalam rangka peninjauan langsung Pameran peninggalan Kerajaan Linge yang berlangsung dalam rangkaian pagelaran Pekan Kebudayaan Gayo (PKG) Tahun 2022.

Disambut Tari Guel kolosal dari puluhan siswa SMP dan SMA sederajat yang mengiringi perjalanan masuk Pangdam IM, yang tampak hadir berserta Kasdam IM dan Danrem 011/Lilawangsa tersebut menuju lokasi Pameran yang digelar di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Rabu (23/02/22).

Pada kesempatan tersebut, dalam kata sambutan resmi dan ucapan selamat datangnya, sekaligus atas nama Masyarakat Bupati Aceh Tengah, mengucapkan selamat datang kepada Pangdam Iskandar Muda beserta rombongan di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. 

"Kedatangan ini sekaligus menjawab harapan masyarakat Aceh Tengah, sebagai bentuk nyata komitmen bersama Pemerintahan Daerah beserta TNI dalam menjaga keutuhan NKRI khususnya di Kabupaten Aceh Tengah", ungkap Shabela.

Lebih lanjut Bupati Aceh Tengah menyampaikan, sejarah singkat dan keterkaitan Antara Negeri Gayo Aceh Tengah serta Sejarah Kerajaan Linge dengan Kodam IM sekaligus mengucapkan terimakasih atas perhatian dari institusi Kodam Iskandar Muda dalam mendukung pengembangan dan kemajuan bagi Negeri asal Gajah Putih, simbol kejayaan yang merupakan lambang dari Kodam Iskandar Muda saat ini. 

Dalam kesempatan yang sama, sekaligus membenarkan ulasan sejarah dari Bupati Aceh Tengah, Panglima Daerah Militer Iskandar Muda, Mayjen TNI Muhammad Hasan, SH mengungkapkan.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif  Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bersama Dewan Adat Gayo beserta segenap pelaksana yang telah menggagas penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Gayo dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kota Takengon ke 445 Tahun 2022 ini," ujar Pangdam membuka sambutannya.

Kegiatan ini merupakan hal yang luar biasa sebagai upaya menumbuhkan kepedulian bersama menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat ditengah kemajuan teknologi informasi yang semakin luas dan terus berkembang, lanjut Panglima Daerah Meliter Iskandar Muda.

"Bagi kami para prajurit dibawah Komando Daerah Militer Iskandar Muda, yang saat ini berjumlah lebih kurang Tujuh belasan ribu personil tentunya merasa bangga mengenakan seragam berlogo Gajah Putih sebagai lambang kehormatan dari Kodam Iskandar Muda," ungkap Pangdam Muhammad Hasan.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam juga berharap semoga hubungan baik antara anggota prajurit Kodam Iskandar Muda dapat berjalan seiringan dalam membantu dan memberikan kontribusinya dalam upaya melestarikan warisan budaya bangsa serta dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Aceh Tengah, Pungkas orang nomor satu di Istitusi Meliter Aceh Tersebut.

Untuk diketahui secara historis, seperti filosofi didalam Tarian Guel yang sebelumnya mengiringi kedatangan Pangdam IM beserta rombongan merupakan salah satu prosesi adat Gayo dalam menyambut kedatangan tamu kehormatan di dataran tinggi Kabupaten Aceh Tengah dan merupakan diorama singkat rekam jejak sejarah asal Gajah Putih yang merupakan lambang dari Kodam Iskandar Muda.

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.