Breaking News

Kebakaran Lahan Perbukitan Semak Belukar Pancur Kampung di Hutabarangan Dan Bukit Pancur Bambu Di Sambas Sibolga


Sibolga
,Tren24jam.com-Kebakaran lahan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan semak belukar di perbukitan Pancur Kampung jalan Tapian Kel Hutabarangan dan Perbukitan Pancur Bambu Kel.Pancuran Bambu Kec.Sibolga Sambas kota Sibolga 15.

Kebakaran bukit tersebut terjadi sekira pukul 15.00 wib,(31/03/2022) kemaren. 


Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH,SIK melalui Kasi Humas Pres Sibolga AKP R.Sormin S,Ag menceritakan Kronologis Menurut keterangan para saksi bahwa sekira pukul 13.05 Wib terlihat kepulan asap putih di sekitar perbukitan tidak berapa lama kepulan asap berwarna putih tersebut berubah manjadi kobaran api yang membakar lahan kering sekitaran perbukitan Pancur Kampung Jln. Tapian Simpang Huta Batu V Kel. Hutabarangan, Kec. Sibolga Utara, selanjutnya personil Damkar Sibolga, Tagana bersama dengan personil Polres Sibolga dan masyarakat melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan 1 (satu) unit Mobil Damkar sehingga kobaran api tidak menyebar ke pemukiman warga. Sekiranya pukul 15.00 Wib kobaran api dapat dipadamkan. Pada pkl. 18.30 Wib saksi melihat kobaran api kembali di kawasan perbukitan Pancuran Bambu. Selanjutnya pada pkl. 20.30 Wib kobaran api dapat dipadamkan kembali. 

 Personil Polres Sibolga didampingi oleh Waka Polres Sibolga Kompol Ronson Sihombing, S.H dan Kapolsek Sibolga Selatan AKP Bremer Hulu, Damkar Sibolga dan Tagana Sibolga melaksanakan upaya pemadaman api. 

Kemudian, Sat Intelkam Polres Sibolga melaksanakan cek tkp, pulbaket dan monitoring berkesinambungan serta melakukan dokumentasi .

Hingga saat ini situasi dalam keadaan aman dan kondusif,dan pihak damkar Sibolga Stand By di kawasan rawan kebakaran serta situasi aman dan Baik.

Selanjutnya, Penyebab kebakaran lahan tersebut hingga saat ini masih dalam penyelidikan. 

Adapun dampak yang ditimbulkan dari kebakaran Perbukitan yg berisi pepohonan dan semak belukar di Perbukitan Pancur Kampung Jln. Tapian Simpang Huta Batu V Kel. Hutabarangan, Kec. Sibolga Utara tersebut mengakibatkan terbakarnya lahan seluas kurang lebih 5.000 m2 atau sekitar setengah hektare,dan tidak ada menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

Himbauan dari Polres Sibolga pada masyarakat dalam musim kemarau yang panjang ini agar masyarakat tidak membakar sampah apalagi dilahan perbukitan dan bila ada masyarakat yang melakukan pembakaran sampah dikebun perbukitan agar dipantau dan bila hendak meninggalkan lokasi kebun pastikan pada bakaran yang dilakukan agar api benar benar sudah padam agar tidak terjadi kebakaran yang akibatnya merugikan kita.

(Sumber Humas Res Sibolga)

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.