Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Kahiyang Ayu: Kampanye PHBS

Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Kahiyang Ayu: Kampanye PHBS


Medan, Tren24jam.com
- Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan dan Pemerintah Kecamatan Medan Barat, gelar peringatan hari Cuci Tangan Sedunia, di Methodist 8, Jalan Kol. Yos Sudarso No.166-A, Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Kamis (07/09/23) pagi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Kahiyang Ayu pada sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua Bidang 3 Ketahanan Pangan Keluarga TP PKK Kota Medan Asmalita Zulkarnain mengatakan peringatan tersebut dilaksanakan secara serentak diseluruh Kecamatan se-Kota Medan.

"Tujuan kita melaksanakan ini adalah dalam rangka mengkampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat dan salah satu indikator PHBS yang kita lakukan adalah mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun," kata anak Presiden Republik Indonesia itu.

Kegiatan ini, ungkap istri Wali Kota Medan, dilaksanakan dengan mengkampanyekan dan memperagakan pada anak-anak Sekolah Dasar (SD).

"Saya berharap kepada seluruh TP PKK Kota Medan dapat memberdayakan dan menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk melakukan perilaku bersih dan sehat dirumah tangga yang dilakukan terus menerus untuk mempercepat terwujudnya rumah tangga ber PHBS," harap Kahiyang Ayu.

Peringatan ini, ditandai dengan ikrar Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) oleh Siswa SD Methodist 8, sekaligus praktek cuci tangan pakai sabun dan air bersih, yang dilakukan oleh tamu undangan yang berhadir dan diikuti ratusan Siswa.

Tidak hanya itu, acara juga dimeriahkan oleh penampilan Siswa yang melakukan tarian cuci tangan pakai sabun seolah mempercontohkan cara cuci tangan yang benar.

Selain itu, tampak dibagian kanan podium turut dipamerkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdiri dari berbagai macam minuman dan makanan ringan, serta juga tersedia pengecekan kesehatan.

Camat Medan Barat Drs. Lilik MAP saat ditemui oleh awak media usai acara mengatakan kegiatan yang dilangsungkan dengan kemeriahan tersebut dilakukan untuk memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat terutama anak SD agar rutin mencuci tangan selepas bermain dan ketika mau makan.

"Kita harapkan menjadi anak-anak yang sehat sesuai dengan program pemerintah kita yaitu bagaimana menciptakan generasi emas 2045," ujar Drs. Lilik MAP.

Acara ini dihadir oleh TP PKK Kota Medan, unsur muspika Kecamatan Medan Barat, Lurah dan Kepling se-Kecamatan Medan Barat, serta undangan dan ratusan anak Sekolah. (Yz)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post