Breaking News

Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si Berharap Kegiatan KKN Mahasiswa Bisa Mejadi Contoh yang Baik


Banda Aceh | tren24jam.com - Drs. Haili Yoga, M.Si di daulat menjadi Pembicara dalam acara pembekalan Mahasiswa/mahasiswi yang akan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unsyiah Kuala Banda Aceh pada Tahun 2020 ke Bener Meriah di Banda Aceh, Senin (13/01/2020)

Dalam acara tersebut Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si, ucapan terimakasih kepada pihak Unsyiah secara keseluruhan,  terutama kepada pihak Panitia yang memberikan kesempatan kepada kami dalam acara ini, ada beberapa hal yang berkaitan  dengan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang akan mahasiswa/i jalankan di Kabupaten Bener Meriah.

 “Adik-Adik Mahasiswa dan Mahasiswi tentu sudah paham betul apa itu Kuliah Kerja Nyata (KKN), merupakan salah satu bentuk pengabdian  kepada masyarakat secara Interdisipliner, Institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Tridharma perguruan tinggi," ujar Sekda pada awal arahannya.

Drs. Haili Yoga, M.Si menjelaskan bahwa mahasiswa yang melaksanakan KKN di Pemkab Bener Meriah bertemakan Tematik  sesuai permintaan Bupati Tgk. H. Sarkawi. "khusus untuk Kabupaten Bener Meriah, para Mahasiswa dan Mahasiswi, kegiatan KKN nya adalah bertemakan Tematik,  ini merupakan permintaan khusus dari Bupati Bener Meriah kepada pihak Unsyiah," katanya.

Lanjut Haili Yoga, "Kenapa ini yang kami minta, tanya Sekda,  agar dengan tema Tematik ini, adik – adik Mahasiswa, dapat mengubah wajah desa yang ada di Kabupaten Bener Meriah, walaupun pihak Unsyiah  sebelumnya  sempat menyatakan tidak memungkinkan lagi ditempatkan para Mahasiswa untuk mengadakan KKN di Bener Meriah,  karena para peserta KKN  sudah ditempatkan di daerah lain, tapi karena ada pembicaraan Bapak Bupati dengan Rektor Unsyiah, maka tahun ini Bener Meriah bisa berbangga karena  permintaan dari Bapak Bupati dikabulkan oleh Unsyiah, Alhamdulillah".

Menurutnya kegiatan yang akan dilakukan Mahasiswa/mahasiswi nantinya akan menjadi contoh bagi masyarakat. “Memilah sampah, membuang sampah  pada tempatnya, meningkatkan kebersihan lingkungan dan sarana umum seperti mesjid dan Mushalla, Mendorong dan menggalakkan kepada masyarakat untuk menunaikan Shalat berjamaah dan mengedukasi masyarakat untuk berperan aktif dalam menurunkan dan mengatasi Stunting, dalam kegiatan seperti itu,  adik-adik mahasiswa dapat menjadi contoh bagi warga Desa nantinya, apakah itu dalam etika, ibadah dan estetika serta inovasi," ujar Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si.

Sambung Sekda, para  Mahasiswa peserta KKN nantinya  akan diantar langsung oleh Rektor Unsyiah dan disambut  langsung oleh  Bupati Bener Meriah, ingat kata Sekda, KKN yang adik-adik lakukan nantinya juga akan dikunjungi ibu Plt. Gubernur Aceh, Drs. Haili Yoga, mengingatkan.

Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si juga menjelaskan, Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Tematik khusus untuk Bener Meriah adalah salah satu  program KKN dengan fokus yang spesifik diantaranya,  relevan dengan program pembangunan Daerah di Bener Meriah,  sesuai dengan kebutuhan Daerah dan  masyarakat Bener Meriah, dan  sesuai dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan Iptek yang dimiliki Unsyiah.

"Adik-adik Mahasiswa peserta KKN nantinya akan mampu meningkatkan empati dan kepedulian masyarakat, menanamkan nilai - nilai kepribadian yang baik kepada masyarakat disamping apa yang telah kami kemukakan tadi,  itulah tujuan dari pelaksanaan KKN Tematik yang kita harapkan," harapanya.

Kata  Sekda Drs. Hili Yoga, M.Si pada Closing Statementnya mengungkapkan,  “Kuliah Kerja Nyata  adalah salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh  Mahasiswa  di bawah bimbingan dosen dan juga pimpinan pemerintah daerah”.

"Pengabdian kepada masyarakat ialah pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dilakukan oleh para adik-adik Mahasiswa  secara ilmiah dan menuju langsung kepada masyarakat  menuju tercapainya masyarakat  yang maju, adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila, serta meningkatkan pelaksanaan misi dan fungsi Perguruan Tinggi itu sendiri," tutup Sekda.

Penulis: Andika
Editor: Witer